8 Hal yang Wajib Ibu Hamil Tahu Tentang Trimester Pertama

8 Hal yang Wajib Ibu Hamil Tahu Tentang Trimester Pertama
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil

Setelah mengetahui sang istri telah hamil, tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para suami. Selanjutnya, tinggal bagaimana para suami tetap siaga dan menjamin kehamilan sang istri lancar dan baik-baik saja. Terutama saat memasuki trimester 1 (pertama).

Masa-masa awal kehamilan, akan terasa sangat mengagetkan. Terutama bagi para ibu hamil yang mengandung anak pertama. Supaya lebih tahu dan mengantisipasinya mudah, para ibu hamil wajib mengetahui seluk beluk tentang masa kehamilan trimester pertama.

Apa sajakah itu? Langsung simak aja yuk!

1. Periode Membingungkan

Ibu Hamil Mudah Bingung

Periode ini biasanya terjadi pada minggu pertama. Periode ini disebut periode membingungkan karena dalam kehamilan berusia 1 minggu pertama masih belum bisa dipastikan kehamilannya. Hal ini disebabkan pada periode ini tidak banyak gejala atau perubahan yang dirasakan oleh ibu.

Baru di minggu kedua biasanya gejala mulai nampak. Karena pada usia kehamilan minggu kedua, sel telur sudah pecah dan menjadi dua bagian. Sehingga beberapa gejala mulai terasa bahkan kehamilan pun bisa di lihat melalui tes.

2. Periode Sensitif

Ibu Hamil Mudah Sensitif

Periode ini sering terjadi di minggu ketiga dan keempat. Biasanya calon ibu akan menjadi lebih sensitif dari biasanya. Mudah mual serta tidak suka pada aroma tertentu merupakan salah satu gejala kehamilan pada masa ini. Pada periode ini juga biasanya kehamilan baru bisa di tes melalui urin.

3. Periode Emosi Tidak Stabil

Ibu Hamil Emosi Tidak Stabil

Pada periode ini biasanya emosi ibu menjadi tidak stabil. Selera makan kadang berubah dari kebiasaan semula. Biasanya periode ini terjadi di minggu ke lima dan keenam. Selain emosi yang tidak stabil, denyut janyung dan pergerakan kaki bayi sudah mulai terasa pada periode ini.

4. Dinding Rahim Melunak

Ibu Hamil Dinding Rahim Melunak

Dinding rahim perlahan mulai melunak pada minggu ketujuh. Biasanya kondisi fisik Ibu masih belum stabil. Sering mual dan selera makan berubah adalah hal yang wajah bagi ibu hamil. Sedangkan bagi janin, di minggu ketujuuh ini biasanya kaki dan paru-paru akan berkembang.

5. Perut Mulai Membesar

Ibu Hamil Perut Mulai Membesar

Pada minggu kedelapan, perut ibu semakin membesar. Hal ini dikarenakan kondisi janin yang terus berkembang di dalam rahim ibunya. Tak jarang biasanya baju mulai tidak pas jika digunakan ibu hamil berusia 8 minggu ini.

6. Kulit Mulai Bermasalah

Ibu Hamil Kulit Mulai Bermasalah

Pada ibu hamil berusia biasnaya kulit ibu mulai bermasalah. Pada minggu kesembilan ini terdapat beberapa gejala yang sering terjadi, seperti jerawat dan sebagainya. Sedangkan untuk si bayi pada usia kandungan 8 bulan sudah melakukan beberapa gerakan.

7. Berat Bayi Hanya 4 Gram

Ibu Hamil Berat Bayi Hanya 4 Gram

Periode ini biasanya terjadi pada usia kandungan 9 minggu. Dengan usia ini biasnaya bayi hanya berukuran 2,5 cm hingga 3,5 cm. Masih kecil namun gejala yang terjadi cukup membuat ibu harus ekstra sabar.

8. Periode Malas dan Mudah Lelah

Ibu Hamil Malas dan Mudah Lelah

Pada usia 10-12 minggu biasanya ibu mulai mengalami mudah lelah dan kerap merasa malas untuk melaksanakan sesuatu. Oleh karena itu, bagi ibu haruslah tetap mengkonsumsi sayuran dan makanan lainnya kaya akan nutrisi untuk ibu dan calon bayi.

Nah, itu dia tadi sederet hal-hal tentang masa kehamilan trimester pertama. Para ibu hamil dan suami, wajib tahu supaya bisa mengantisipasi. Apabila terjadi hal-hal yang serupa dengan penjelasan tadi, itu tandanya normal-normal saja dan tidak ada yang perlu ditakuti.

Semoga ulasan tadi bisa menambah manfaat buat kamu ibu hamil yang baru menginjak masa kehamilan trimester pertama. Dan, untuk para suami yang baru akan menjadi ayah beberapa bulan lagi. Sampai jumpa di lain waktu, ya~

0 Response to "8 Hal yang Wajib Ibu Hamil Tahu Tentang Trimester Pertama"

Post a Comment