Ini 6 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

Ini 6 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Gizi dan Nutrisi

Supaya ibu hamil tetap sehat dan bayi yang dikandungnya juga sehat, maka diperlukan gizi dan nutrisi yang mencukupi. Kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil terbilang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak sedang hamil.

Nah, untuk trimester pertama, ada beberapa gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Supaya, janin bisa tumbuh dan berkembang dengan normal tanpa ada cacat sedikitpun.

Kira-kira, apa saja gizi dan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di masa kehamilan trimester pertama? Langsung simak aja yuk, ini dia ulasan selengkapnya.

1. Brokoli

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang sangat baik untuk nutrisi bagi kandungan yang berusia 1 sampai 3 minggu. Hal ini dikarenakan pada usia kandungan 3 minggu adalah usia awal perkembangan janin. Sehingga Ibu membutuhkan banyak zat besi untuk nutrisi bagi perkembangan janin. Untuk penyajian, brokoli bisa saja disajikan dengan sup atau bahkan dibuat tumis.

2. Ikan

Ikan

Janin yang terdapat di rahim Ibu akan terus berkembang. Oleh karena itu pada minggu ke 4 kebutuhan nutrisi tambahan untuk Ibu tidak hanya berupa zat besi. Akan tetapi juga butuh vitamin D yang bisa membantu menyerap zat besi, kalsium serta beebrapa mineral lainnya.

Biasanya ikan yang paling banyak mengandung vitamin D dan baik untuk Ibu hamil adalah ikan Salmon. Selain ikan salmon beberapa ikan lain yang juga baik bagi kandungan adalah Ikan lele, mujair, patin dan lainnya.

Namun perlu dihindari bagi Ibu hamil mengkonsumsi daging ikan dalam keadaan setengah matang atau mentah. Sebaiknya di goreng lebih dahulu. Paling baik digoreng dengan menggunakan minyak wijen. Hal ini dikarenakan kandungan pada minyak wijen lebih alami dan sangat baik untuk Kandungan.

3. Alpukat

Alpukat

Untuk usia kandungan 5 minggu, biasanya Ibu mengalami mual. Oleh karena itu Alpukat sangat cocok untuk nutrisi Ibu yang berada tengah hamil 5 bulan. Asam Folat dalam Alpukat menjadi alasan mengapa buah ini sangat baik untuk Ibu hamil. Selain itu kandungan lemak tak jenuh, vitamin E serta serat memiliki manfaat tersendiri bagi ibu hamil.

4. Sayuran Alternatif

Wortel

Mual yang diderita Ibu hamil sering membuat berkurangnya nafsu makan. Untuk itu bagi Ibu yang masa kandungannya 7 minggu disarankan mengkonsumsi sayuran alternatif. Seperti wortel, kol, tomat dan beberapa sayuran lainnya. Sehingga walaupun tidak mengkonsumsi sayuran hijau seperti biasanya, kesehatan pada Ibu dan calon bayi tetap aman dengan nutrisi yang seimbang dari Ibu.

5. Kelapa Muda

Kelapa Muda

Pada usia kandungan 10 minggu, masa perkembangan janin terus menanjak. Bagi tubuh Ibu yang mengalami adaptasi dengan kondisi hamil sering mengalami mual, morningsickness dan emosi tidak stabil.

Oleh karena itu, sangat baik bagi Ibu hamil untuk mengkonsumsi kelapa muda. Tidak hanya menghilangkan dahaga, Kelapa muda juga bermanfaat mengurangi dehidrasi serta kandungan isotonik alaminya meningkatkan daya tahan tubuh Ibu agar tidak mudah lelah.

6. Mangga Manis

>Mangga Manis

Usia kandungan 11 hingga 12 bulan adalah masa-masa perkembangan fisik anak. Oleh karena itu nutrisi untuk si kecil dan ibu harus tetap terjaga. Mangga masak yang manis bisa menjadi salah satu hidangan. Kandungan serat, vitamin, zat besi, serta folat pada mangga menjadi salah satu alasan mengapa buah ini sangat baik untuk masa kandungan di akhir trisemester 1.

Dengan mengonsumsi sederet gizi dan nutrisi tadi secara rutin, kesehatan ibu dan bayi akan tetap terjaga. Pertumbuhan dan perkembangan sang bayi pun bakalan terasa lebih cepat dan sehat.

0 Response to "Ini 6 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama"

Post a Comment