6 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Pertama

6 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Pertama
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan

Keluarga muda yang baru beberapa tahun menikah, mungkin akan mengalami sedikit hal tak biasa di masa-masa awal hubungan. Khusus untuk ibu hamil yang baru pertama kali mengandung, akan merasakan keluhan kehamilan yang biasa dialami di trimester pertama.

Keluhan-keluhan tadi, kalau tidak disikapi dengan bijak, bisa menjadikan beban pikiran. Dikhawatirkan, kalau terus-menerus, akan mengakibatkan stres. Karena itu, diperlukan edukasi tentang keluhan kehamilan supaya bisa diatasi dan dicegah dengan cara yang benar.

Kira-kira, apa saja keluhan kehamilan yang biasa ibu hamil rasakan di trimester pertama? Seberapa parahkah keluhan-keluhan tersebut? Lalu, bagaimana solusinya supaya tidak terjadi hal buruk? Nah, kami sudah siapkan sederet ulasannya berikut ini. Langsung simak aja yuk!

1. Awal Perubahan Tubuh Ibu Hamil

Tubuh Ibu Hamil

Ketika sel telur dibuahi maka menjadi awal perkembangan calon bayi di perut Ibu. Kendati tidak ada keluhan berarti namun awal Ibu sudah berbadan dua sudah mulai terasa ketika masa kehamilan memasuki minggu ke 1 dan 2.

2. Mulai Sensitif dengan Aroma Sekitar

Ibu Hamil Sensitif

Pada usia kandungan memasuki usia minggu ke 3 dan 4 biasanya Ibu mulai sensitif khususnya dengan bau sekitar. Seperti halnya bau dapur, knalpot, bau badan suami, bau toilet dan sebagainya.

Biasanya tiap mendengar bau yang tidak di kehendakinya Ibu akan merasa mual dan berasa ingin muntah. Namun berita bagusnya adalah tes kehamilan pada usia kandungan ini sudah bisa dilakukan melalui urine.

3. Perubahan Selera Makan


Selera makan ibu mengalami perubahan. Tak jarang makanan yang sebelumnya ditolaknya justru diinginkannya. Masyarakat sering menyebut perubahan ini dengan “ngidam”. Selain perubahan selera makan, ibu hamil juga memiliki tingkat sensifitas yang lebih tinggi dari minggu-minggu sebelumnya.

Tidak hanya itu, ketika usia kandungan memasuki bulan pertama maka Ibu akan menjadi sering lelah. Hal ini dikerenakan adaptasi tubuh ibu hamil dengan kondisi baru di dalam perutnya.

4. Sering Mual dan Susah Makan

Ibu Hamil Susah Makan

Memasuk usia kandungan minggu ke 7 dan 8 dinding rahim mulai melunak. Ibu hamil biasanya akan sering mual dan susah makan. Kendati begitu tubuh Ibu hamil biasanya lebih membesar.

Baju-baju yang biasanya pas menjadi tidak muat. Hal ini dikarenakan pertumbuhan janin yang terus membesar. Sehingga tubuh ibu ikut menjadi membesar.

5. Masalah pada Kulit dan Emosi

Ibu Hamil Mudah Emosi

Ibu hamil biasanya akan mengalami masalah pada kulit ketika memasuki usia kehamilan minggu ke 9 dan 10. Tidak jarang kulit ibu hamil akan tumbuh jerawat.

Namun walaupun tumbuh jerawat, kulit Ibu hamil biasanya lebih kencang dan mulus. Untuk emosi, kondisi ibu hamil masih tetap labil. Akan mudah marah, kesar, dan bahagia bukanlah hal baru bagi ibu hamil.

6. Sakit Kepala dan Mudah Lelah

Ibu Hamil Mudah Lelah

Menjelang akhir trimester kedua biasanya Ibu mengalami sakit kepala dan mudah lelah. Namun disarankan Ibu tidak mengkonsumsi obat untuk mengatasi hal tersebut. Karena obat akan memiliki dampak tidak baik pada janin.

Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan bayi dan ibu hamil. Untuk referensinya, kamu bisa baca ulasan tentang gizi dan nutrisi ibu hamil trimester pertama.

Itulah tadi, sederet keluhan yang biasa dialami oleh ibu hamil saat menginjak usia kehamilan trimester pertama. Semoga bayi yang dikandung tetap sehat, ya!

0 Response to "6 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Pertama"

Post a Comment