4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Ketiga

4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Ketiga
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan Tips dan Trik

Setelah dua masa trimester dilalui, kini menginjak ke trimester ketiga. Beberapa perubahan fisik bisa dialami, dan beberapa di antaranya berhubungan dengan ukuran tubuh. Hal ini dikarenakan ukuran sang bayi sudah semakin membesar, dan badan pun akan ikut "melar".

Bagi ibu hamil yang pertama kali mengandung, mengetahui perubahan fisik sangatlah penting. Dan, di trimester ketiga ini, ibu sudah bisa diprediksi mampu mengontrol dirinya sendiri. Karena di masa sebelumnya, sudah dilatih untuk menstabilkan emosi dan fisik secara bersamaan.

Nah, kali ini kita akan selidiki hal apa saja yang akan berubah di trimester ketiga. Apa sajakah itu? Yuk mari kita simak sama-sama, sederet ulasannya berikut ini.

1. Perut Semakin Besar

Perut Ibu Hamil

Perubahan fisik yang menonjol pada Ibu hamil adalah perut yang semakin mengembang. Perkembangan bayi yang semakin hari semakin bertambah baik dari panjang maupun berat akan mempengaruhi fisik ibu hamil.

Apalagi di trimester ketiga ini hampir semua organ sudah terbentuk sempurna. Karena pada usia kandungan trimester ketiga adalah masa-masa menjelang keluarnya sang buah hati.

Menjelang akhir trimester ketiga bagian perut yang besar agak kedalam. Ini menunjukkan bahwa bayi sudah mulai memasuki lubang kelahiran.

Apabila bagian perut yang besar agak keatas di akhir trimester ketiga, maka sebaiknya Ibu sering melakukan aktivitas seperti berjongkok, mengepel, jalan cepat dan sebagainya. Aktivitas-aktivitas tersebut dipercaya akan membantu pergerakan bayi menuju liang lekahiran.

2. Berat Badan Bertambah

Berat Badan Ibu Hamil

Bagi Ibu hamil, pertambahan berat badan adalah hal yang wajar. Namun pada saat trimester ketiga, berat badan bayi semakin meningkat tajam. Bahkan ketika usia kandungan semakin memasuki masa akhir, berat badan bayi bisa berada di kisaran 2 hingga 4 Kg.

Dengan begitu maka bisa dipastikan berat badan ibu juga akan bertambah. Pertambahan berat badan Ibu bisa mencapai dua hingga tiga kali dari berat bayi dalam kandungan. Jadi Ibu jangan kaget ketika berat badannya meningkat hingga mencapai 10 Kg.

3. Bagian Tubuh Membengkak

Bagian Tubuh Ibu Hamil

Beberapa bagian tubuh Ibu mengalami pembengkakan. Yang paling sering mengalami pembengkakan di bagian kaki. Hal ini merupakan bentuk respon tubuh Ibu terhadap beban yang diembannya. Kaki yang harus menanggung beban berat kandungan akhirnya merespon dengan terjadinya pembengkakan.

Tidak hanya bagian kaki, pembengkakan juga sering terlihat pada bagian paha, dan lengan. Pembengkakan ini tentunya menyebabkan Ibu terlihat semakin gemuk dari biasanya. Namun pembengkakan pada bagian tubuh ibu hamil ini tidak akan berlangsung lama. Biasanya akan kembali normal usai kelahiran.

4. Payudara Mulai Mengeluarkan Cairan

Payudara Ibu Hamil

Memasuki usia kandungan trimester ketiga biasanya Ibu sudah mulai mengeluarkan cairan. Hal ini menunjukkan fungsi payudara sebagai sumber ASI mulai berfungsi. Namun menjelang akhir trimester ketiga ini ASI yang keluar mulai berwarna kuning.

Oleh karena itu, baiknya Ibu sudah mulai rutin untuk membersihkan ujung payudara. Hal ini bertujuan agar bagian puting menjadi bersih dan tidak tersumbat pada bagian lubang ASI. Dengan kondisi puting yang sudah bersih maka ASI bisa sudah bisa dikonsumsi bahkan ketika awal kelahiran si buah hati.

Itulah sederet perubahan fisik yang biasa ibu hamil alami di trimester ketiga. Di masa ini, ibu dan ayah wajib waspada dan bersiap-siap untuk menjalani persalinan.

0 Response to "4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Ketiga"

Post a Comment