Ini 7 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Pertama

Ini 7 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Pertama
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil

Masa kehamilan trimester pertama begitu banyak hal yang terjadi. Banyak hal yang dinilai mengejutkan, terutama bagi ibu hamil yang baru pertama kali mengandung. Supaya lebih aman, mengetahui perkembangan janin ibu hamil di trimester pertama adalah sebuah keharusan.

Pada saat-saat kehamilan seperti ini, ibu hamil diwajibkan untuk lebih berhati-hati. Selain itu, diperlukan pula kesadaran ibu hamil untuk selalu mengonsumsi gizi dan nutrisi yang baik. Supaya, bayi yang dikandungnya tetap sehat dan bisa tumbuh dengan baik.

Nah, supaya lebih jelas, langsung saja kita simak sama-sama, sederet hal tentang perkembangan janin ibu hamil di trimester pertama berikut ini. Cek yuk!

1. Sel Telur Pecah Menjadi Dua Inti

Sel Telur

Pada masa awal kehamilan tepatnya pada masausia 1 minggu adalah awal berhentinya menstruasi. Biasanya tahap ini jarang disadari oleh Ibu. Bahkan dalam tes kehamilan pun belum nampak.

Baru pada usia kehamilan 2 minggu, tanda-tanda kehamilan mulai jelas, seperti halnya mual dan morning sickness baru akan terasa.

Hal ini dikarenakan pada usia 2 minggu merupakan masa pecahnya sel telur yang sudah dibuahi menjadi dua inti yang mengandung inti dari masing-masing gen.

2. Calon Bayi Mulai Dilindungi Lapisan Rahim

Lapisan Rahim

Usia kandungan minggu ketiga biasanya calon bayi akan menempel dan dilindungi oleh rahim. Seminggu setelahnya, calon bayi akan membentuk embrio-embrio. Pada usia inilah biasanya kehamilan baru akan diketahui melalui tes urin.

3. Bentuk Janin Makin Jelas

Bentuk Janin dalam kandungan

Bentuk janin nampak makin jelas pada usia kandungan 5 minggu. Bahkan pada usia minggu ke 6 bakal tangan dan kaki akan semakin nampak. Biasanya juga pada usia kandungan minggu keenam ini jantung mulai berdenyut.

4. Wajah, Kaki dan Tangan Semakin Nampak Jelas

Bayi dalam Kandungan

Usia kandungan minggu ketujuh adalah masa dimana janin semakin menunjukkan perkembangan wujud. Wajah, tangan, dan kaki semakin nampak perubahannya.

Begitu juga pada usia minggu ke 8, kendati masih belum mencapai wujud sempurna namun bagian tangan, kaki, dan wajah sudah nampak. Selain itu bagian jantung juga semakin berkembang.

5. Bayi Mulai Melakukan Gerakan Kecil

Bayi dalam Kandungan

Biasanya bayi baru mulai melakukan gerakan kecil pada usia kandungan minggu ke 9. Hal ini dikarenakan adanya bagian otot bayi yang mulai berkembang. Sedangkan pada minggu kesepuluh, wujud bayi semakin mendekati sempurna.

Untuk ukuran normal biasanya bayi masih berukuran 2,5 cm hingga 3,5 cm. Adapun untuk berat bayi masih mencapai 4 gram.

6. Jenis Kelamin Terbentuk

Lapisan Rahim

Pada usia kandungan minggu ke 11 akan terbentuk jenis kelamin bayi. Selain perkembangan awal alat kelamin, pada usia kandungan minggu ke 11 ini beberapa organ kasar seperti wajah, kaki dan tangan semakin nampak.

7. Bayi Mulai Bernafas

Bayi Mulai Bernafas

Usia kandungan 3 bulan, beberapa organ seperti mulut, hidung, mata dan telinga mulai proporsional. Selain itu pada usia ini bayi sudah mulai bernafas walaupun masih menggunakan placenta. Karena paru-paru bayi masih terbentuk di trimester kedua.

Oleh karena itu, pada usia trimester pertama selaku awal pembentukan tubuh bayi maka bagi Ibu haruslah benar-benar menjaga asupan dan nutrisi yang dikonsumsinya. Karena jika mengandung zat berbahaya maka akan berdampak pada si calon bayi.

Nah, itulah sederet hal terkait perkembangan janin ibu hamil pada masa kehamilan trimester pertama. Semoga dengan informasi tadi, kita bisa lebih berwawasan ketika merawat bayi dalam kandungan. Selamat menjalani masa kehamilan, ya!

0 Response to "Ini 7 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Pertama"

Post a Comment