5 Hal yang Wajib Ibu Hamil Tahu Tentang Trimester Ke-2

5 Hal yang Wajib Ibu Hamil Tahu Tentang Trimester Ke-2
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil

Usai menjalani masa kehamilan trimester pertama, banyak hal mengejutkan dilalui. Terutama, bagi ibu hamil yang baru pertama kali mengandung. Trimester pertama memberikan beragam kejutan. Mulai dari rasa bingung, mudah lelah, malas, hingga emosi yang tidak stabil.

Tetapi, trimester pertama memberikan begitu banyak hal berharga. Ibu hamil jadi lebih siap menyongsong sederet hal yang bakalan terjadi di trimester kedua. Nah, kali ini, kamu bakalan diajak untuk jadi lebih peka dan belajar hal-hal baru, yang biasa terjadi di trimester kedua.

Kira-kira, apa saja hal yang wajib kamu ketahui tentang masa kehamilan trimester kedua? Langsung simak aja yuk, ulasannya berikut ini.

1. Ibu Butuh Banyak Kalori Tambahan

Kalori Ibu Hamil

Pada awal trimester kedua atau pada masa kandungan minggu 13 dan 14, Ibu sebaiknya mengkonsumsi banyak kalori. Karena pada usia kandungan ini biasnaya janin sudah mulai mengalami perkembangan pesat pada otak, tulang, dan lainnya.

Oleh karena itu setidaknya Ibu mengkonsumsi kurang lebih 340 kalori tambahan perhari. Selain itu pada usia kandungan 13 dan 14 minggu ini Ibu disarankan untuk tidak mengenakan pakaian ketat karena akan berpengaruh pada calon bayi.

2. Bayi Mulai Menempati Ketuban

Bayi dalam Ketuban

Pada usia kandungan 15 hingga 16 minggu bayi mulai menempati ketuban. Kondisi bayi juga akan bertumpu pada leher dan biasanya mulai tumbuh rambut. Untuk panjang bayi, pada usia kandungan ini biasanya berada antara 10 hingga 15 cm. Oleh karena itu ibu sebaiknya lebih intens melakukan kontrol dan pemeriksaan mengenai kesehatan dan perkembangan si calon bayi.

3. Mulailah Berkomunikasi

Mendengarkan Musik untuk Bayi dalam Kandungan

Telinga bayi mulai terbentuk sempurna pada usia kandungan 17 dan 18 minggu. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah di bayi diajak berkomunikasi. Baik berbicara, mendengarkan musik, dan sebagainya. Pada usia ini juga biasanya Ibu memiliki nafsu makan lebih besar dari sebelumnya.

Selain terbentuknya telinga, pada usia ini juga biasanya bayi akan tumbuh lapisan lemat di balik kulit yang berguna untuk melindungi bayi agar tetap hangat.

4. Pergerakan Bayi Lebih Aktif

Bayi Mulai Bergerak dalam Kandungan

Pergerakan bayi akan lebih aktif pada usia kandungan 5 bulan. Selain itu perut ibu biasanya lebih buncit karena ada efek baby bump. Pada usia ini janis kelamin bayi juga bisa diketahui melalui USG. Oleh karena itu, untuk masa kehamilan ini ibu sebaiknya lebih selektif memilih makanan, karena asupan gizi yang dikonsumsi akan menjadi komsumsi bayi.

5. Hindari Suara Keras dan Benturan

Hindari Suara Keras dan Benturan untuk Ibu Hamil

Usia Kandungan Trimester kedua merupakan usia yang paling banyak mengalami pementukan dan perkembangan. Beberapa organ tubuh mulai terbentuk dan berkembang sehingga menjadi organ sempurna. Oleh karena itu hindarilah suara keras dan benturan pada bada perut.

Khusus untuk yang menjaga psikologi anak, hendak juga menghindari membentak dan marah-marah di depan bayi. Karena bayi sudah mulai mendengarkan suara dari luar.

Selain itu awal keaktifan bayi mulai terasa pada trimester ini. Sang bayi tidak hanya mulai bergerak, namun juga mencari posisi yang dianggapnya nyaman. Biasanya dampak dari aktivitas bayi ini adalah si Ibu mulai pegal dan sakit punggung.

Nah, itu dia tadi sederet hal yang wajib diketahui oleh para ibu hamil, tentang masa kehamilan trimester kedua. Begitu banyak perubahan terjadi dari trimester pertama menuju ke trimester kedua. Namun, tentu tidak menyurutkan semangat untuk tetap menjaga dan merawat tubuh, ya!

0 Response to "5 Hal yang Wajib Ibu Hamil Tahu Tentang Trimester Ke-2"

Post a Comment