4 Menu Sarapan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Hamil

4 Menu Sarapan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Hamil
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Gizi dan Nutrisi Hamil kebidanan Tips dan Trik

Semua pasti setuju, kalau gizi dan nutrisi sangatlah penting untuk ibu hamil. Salah satunya, menu sarapan sehat untuk ibu hamil, juga jadi salah satu faktor penting dalam menyuplai gizi dan nutrisi. Namun, banyak yang tidak tahu, bagaimana cara mendapatkan atau membuatnya.

Sebenarnya, kalau sudah tahu beberapa gizi dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, tinggal di-mix sesuai dengan selera. Kebutuhannya apa, lalu kesukaannya apa, kemudian dibuatkan untuk sarapan. Nah, kalau masih bingung mau masak sarapan yang seperti apa, di sini kami akan mengulasnya.

Sederet menu sarapan sehat dan bergizi untuk ibu hamil terbilang cukup bervariasi. Namun, kami akan sederhanakan lewat keempat menu sarapan sehat berikut ini. Langsung simak aja yuk!

1. Roti gandum, jeruk, susu

Menu Sarapan Ibu Hamil Roti Gandum

Ada tiga kandungan nutrisi dalam roti gandum yang bermanfaat untuk ibu hamil. Pertama, karbohidrat yang bakal membuat stamina ibu kembali fit. Kedua, serat yang dapat mencegah sembelit. Dan ketiga, asam folat yang dapat mencegah bayi lahir cacat.

Ditambah jeruk dan susu, akan menambah asupan vitamin dan kalsium yang juga dibutuhkan untuk ibu hamil. Vitamin dibutuhkan agar energi tetap terjaga. Sedangkan, kalsium berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang sedang dikandung.

2. Sereal gandum, susu, anggur

Menu Sarapan Ibu Hamil Sereal Gandum

Menu sarapan yang kedua, adalah solusi ketika bosan sarapan dengan roti gandum. Sereal gandum sama-sama memiliki nutrisi yang baik, seperti nutrisi yang terdapat pada roti gandum. Nutrisi lain, sereal gandum juga terdapat zat besi yang akan bermanfaat untuk pertumbuhan janin.

Sedangkan susu juga telah dijelaskan tadi di poin pertama, yakni untuk memperkuat tulang dan gigi pada janin lewat kandungan kalsiumnya yang tinggi. Kemudian anggur, sebagai penyegar rasa disaat mengkonsumsi sereal gandum dan susu, supaya selera makan ibu hamil tetap terjaga.

3. Roti tawar, keju, tomat, sayur, daging atau ikan

Menu Sarapan Ibu Hamil Roti Tawar

Kalau bosan dengan menu tadi, bisa mencoba menu berbeda. Yakni dengan tambahan daging atau ikan. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil beserta janin. Yang perlu dilakukan adalah dengan memanggangnya atau menggorengnya terlebih dahulu.

Kemudian, barulah disajikan bersama roti tawar, keju, tomat, serta sayur. Kombinasi ini akan semakin memperkaya nutrisi yang terkandung dalam menu sarapan ketiga ini. Jadi, ibu hamil akan mendapatkan gizi dan nutrisi lebih dari menu sarapan ketiga ini.

4. Nasi merah, sayur dan telur, ikan asin, strawberry

Menu Sarapan Ibu Hamil Nasi Merah

Kalau ibu hamil suka dengan masakan Indonesia, khususnya yang melalui proses penggorengan atau perebusan, maka menu sarapan keempat ini sangatlah cocok diterapkan. Ialah nasi merah, dibubuhi sayur dan telur, serta ditambahi ikan asin dan buah strawberry.

Kandungan karbohidrat dan kalori yang cukup banyak pada nasi merah, jadi alasan utama kenapa para ibu wajib mengkonsumsinya saat sarapan. Supaya, kondisi tubuh tetap fit selama seharian penuh mengurusi badan. Protein dalam telur pun, akan membuat janis berkembang dengan baik.

Nah, itulah sederet menu sarapan sehat untuk ibu hamil, yang bisa diolah dan dikombinasi tiap harinya. Semoga dengan informasi tadi, kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil jadi tercukupi, ya!

0 Response to "4 Menu Sarapan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Hamil"

Post a Comment