4 Olahraga Senam Ringan untuk Ibu Hamil yang Aman Tanpa Risiko

4 Olahraga Senam Ringan untuk Ibu Hamil yang Aman Tanpa Risiko
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan Olahraga Tips dan Trik

Semua pasti setuju kalau diam saja tanpa ada gerakan sedikitpun, akan membuat ibu hamil semakin malas dan enggan merawat diri. Kalau hal ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin beberapa hal yang tidak diinginkan bakal terjadi. Seperti misalkan kelahiran prematur, cacat bayi, dan lainnya.

Kalau ibu hamil tak ingin terjadi hal seperti itu, olahraga senam ringan adalah solusi jitu. Selain mengkonsumsi gizi dan nutrisi yang cukup, olahraga dan bergerak juga wajib dilakukan. Demi kondisi badan yang tetap fit, dan janin yang tetap mendapat suplai O2 untuk kebutuhan pertumbuhannya.

Nah, berikut adalah empat olahraga senam ringan untuk ibu hamil yang aman dan tanpa risiko sedikitpun. Penasaran seperti apa? Cek yuk, ulasannya!

1. Senam Yoga

Olahraga Senam Yoga untuk Ibu Hamil

Selain untuk relaksasi, senam yoga juga bermanfaat untuk meditasi dan latihan pernapasan. Kenapa pernapasan itu penting bagi ibu hamil? Karena saat melakukan persalinan nanti, ibu hamil wajib mengatur pernapasan mulai dari menahan, menarik, sampai mengeluarkan nafas berulang-ulang.

Dengan melakukan senam yoga, ibu hamil akan terbiasa untuk melancarkan pernapasan. Selain pernapasan, otot rahim juga akan lentur. Sehingga, proses persalinan akan berjalan lancar dan tanpa kendala sedikitpun. Senam yoga bisa dilakukan di minggu ke-20 hingga.

2. Senam Dansa

Olahraga Senam Dansa untuk Ibu Hamil

Kalau senam yoga cocok dilakukan di trimester kedua, kini giliran senam dansa yang bagus dilakukan di trimester pertama. Karena, dansa termasuk ke dalam senam yang energik dan hanya bisa dilakukan di tiga bulan pertama. Dengan alunan musik, otot tegang dalam perut bisa dilemaskan.

Satu hal yang wajib diperhatikan, sebaiknya hindari gerakan-gerakan yang terlalu energik. Seperti memutar badan bak pedansa profesional, menekuk badan ke belakang, atau bahkan melompat. Nah, selain sehat, senam dansa juga bisa menambah keharmonisan bersama suami, lho!

3. Senam Kegel

Olahraga Senam Kegel untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaat senam kegel, yakni bisa mengendalikan urin ibu hamil. Membantu proses persalinan tanpa merobek miss V, juga jadi manfaat penting dari senam kegel. Selain kedua manfaat tadi, senam kegel juga bermanfaat untuk mencegah ambeien.

Saat melakukan senam kegel, hindari merapatkan otot-otot perut atau kaki. Plus, hindari pula menahan nafas. Hal ini dilakukan supaya ibu hamil bisa fokus dalam melakukan senam kegel. Dan yang paling penting, usahakan untuk mendapat suplai oksigen yang cukup.

4. Senam Perut

Olahraga Senam Perut untuk Ibu Hamil

Mudah dilakukan, bisa di rumah atau di sanggar senam, dan punya banyak manfaat, adalah sekian alasan kenapa ibu hamil wajib menjajal olahraga senam perut. Manfaat senam perut antara lain, bisa melancarkan proses persalinan nanti.

Cara melakukan senam perut adalah dengan melakukan sit-up secara hati-hati. Namun, ada batasan waktu untuk melakukan sit-up ini, yakni pada bulan keempat harus berhenti. Setelah itu, ibu hamil wajib memakai bantuan kursi, dengan cara menaik-turunkan kaki saat duduk di kursi.

Keempat olahraga senam hamil tadi, akan sangat bermanfaat untuk tubuh dan janin dalam hal perkembangan dan pertumbuhan. Kalau dilakukan rutin, kondisi badan akan fit dan janin pun lahir dengan sehat & sempurna. Semoga bisa menambah wawasan kamu, ya! 

0 Response to "4 Olahraga Senam Ringan untuk Ibu Hamil yang Aman Tanpa Risiko"

Post a Comment