4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Pertama

4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Pertama
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan Tips dan Trik

Masa-masa kehamilan, perubahan fisik ibu hamil sudah bisa dirasakan sejak trimester pertama. Mulai dari kelembaban kulit, besar-kecilnya ukuran tubuh, hingga rambut. Selain perubahan fisik, ada pula perubahan emosi, yang membuat ibu hamil sering merasa lelah dan tidak stabil.

Nah, kali ini, kita akan bahas tentang perubahan fisik ibu hamil di trimester pertama. Informasi ini jadi sangat penting, khususnya bagi ibu hamil yang baru pertama kali mengandung. Supaya tidak merasa kaget dan takut, karena beberapa organ tubuh berubah.

Kira-kira, bagian mana saja yang mengalami perubahan? Langsung simak aja yuk!

1. Perubahan Pada Payudara

Payudara Ibu Hamil

Pada awal kelahiran, biasanya hampir tidak ada perubaha fisik yang dialami ibu hamil. Namun disadari atau tidak, perubahan pertama yang terjadi ternyata pada payudara. Perubahan pada payudara ini merupakan infromasi pada kita bahwa payudara ibu akan berfungsi sebagai salah satu sumber makanan bayi ketika sudah melahirkan.

Adapun perubahan pada payudara ini terjadi akibat perubahan hormon pada tubuh. Kelenjar payudara mulai memproduksi ASI. Kendati belum bisa dimanfaatkan atau keluar, namun dengan adanya perubahan hormon inilah menjadi bukti bahwa tubuh Ibu sudah berisi.

2. Perut Mulai Membesar

>Perut Ibu Hamil

Perubahan perut wanoita hamiltidak nampak ketika awal kehamilan. Namun memasuki minggu ke 5 atau kendungan lewat bulan pertama, biasanya perut Ibu sudah mulai membesar. Hal ini dikarenakan perkembangan bayi sudah mulai terjadi.

Janin yang sebelumnya berupa sel telur mulai pecah jadi dua bagian. Lambat laun sel tersebut berkembang menjadi janin. Walaupun pada awal kehamilan si bayi belum berwujud sempurna, namun daging yang sudah terbentuk berdampak pada perubahan perut ibu hamil.

Oleh karena itu, bagi wanita hamil yang sudah berusia lebih dari sebulan hendaknya mulai dihindari menggunakan pakaian ketat. Karena menggunakan baju atau pakaian yang ketat akan berdampak pada perkembangan pembentukan fisik si bayi. Tidak hanya untuk awal kelahiran, namun penggunaan bajulonggar ini sebaiknya terus dilakukan hingga masa kehamilan selesai.

3. Kulit Lebih Halus dan Kencang

Kulit Ibu Hamil

Melewati bulan kedua, perbuahan berikutnya yang sering terjadi adalah pada kondisi kulit Ibu hamil. Biasanya ibu hamil akan tumbuh jerawat. Namun begitu kulit ibu hamil akan nampak lebih halus dan kencang.

Beberapa hormon mengalami perubahan pada Ibu hamil. Selain pada kelenjar payudara, kelenjar kulit juga mengalami perubahan. Sehingga kulit ibu menjadi lebih halus dan kencang dari biasanya. Namun pada kondisi ini biasanya Ibu jug akan tumbuh jerawat.

4. Rambut Lebih Kering

Rambut Ibu Hamil

Ada yang bilang wanita hamil akan nampak lebih cantik dari biasanya. Ungkapan tersebut ada benarnya. Karena ada beberapa perubahan hormon pada wanita hamil yang mempengaruhi perubahan tersebut.

Selain dari kulit yang semakin halus dan kencang, biasnaya rambut akan lebih kering. Bagi ibu hamil yang tetap menjaga penamoilannya, rambut yang menjadi lebih kering akan memberikan pesona berbeda. bahkan akan terlihat lebih cantik dari sebelumnya.

Nah, itulah tadi sederet perubahan fisik ibu hamil di trimester pertama. Semoga dengan informasi tadi, kamu bisa lebih waspada dan makin mahir mengatasi perubahan fisik yang terjadi.

0 Response to "4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Pertama"

Post a Comment