Ini 6 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ini 6 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Gizi dan Nutrisi

Masa-masa kehamilan trimester ketiga, membuat ibu dan suami wajib siaga. Karena, kelahiran bisa datang tanpa direncanakan. Apabila sudah ada tanda-tanda sang bayi mau keluar, sang ibu pun wajib segera dibawa ke rumah persalinan terdekat untuk mendapat pendampingan saat melahirkan.

Supaya anak lahir sehat, gizi dan nutrisi juga perlu dijaga. Sama seperti di masa trimester kedua, gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan berserat tetap akan dibutuhkan. Buah-buahan seperti pisang pun akan membantu, begitu pula dengan keju.

Nah, selain makanan tadi, kira-kira gizi dan nutrisi apa saja yang dibutuhkan di masa kehamilan trimester ketiga? Cek yuk!

1. Vitamin

Vitamin

Usia kandungan 25 minggu atau memasuki trimester ketiga merupakan usia perkembangan sempurna. Artinya si Bayi ketika memasuki trimester ketiga sudah memiliki fisik yang nyaris sempurna.

Oleh karena itu Bunda membutuhkan banyak nutrisi Vitamin. Selain untuk kebutuhan si calon bayi juga untuk menjaga kesehatan Bunda agar tetap sehat dan bugar.

2. Makanan Berserat

Makanan Berserat

Konstipasi dan Sembelit sering menghantui wanita hamil. Oleh karena tiu Bunda Cerdas harus tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Untuk makanan berserat ini dibedakan menjadi dua yakni serat yang dapat larut dan serat tidak dapat larut.

Serat dapat larut contohnya wortel, brokoli, apel, pisang, dan sebagainya. Sedangkan serat yang tidak dapat larut biasanya terdiri dari kacang-kacangan, jagung, daledri, beras merah dan lainnya.

3. Yogurt dan Keju

Yogurt dan Keju

Bagi beberapa wanita hamil, Susu menjadi salah satu menu wajib setiap hari. Namun jika Bunda merasa bosan dengan susu, bunda bisa mencoba pake nutrisi alternativ seperti Yogurt dan Keju.

Kendati begitu masa masa Kandungan 28 minggu bukan berarti Yogurt adalah menu wajib. Karena kendati banyak mengandung Kalsium, baik yogurt maupun keju tidak mengandung vitamin D. Padahal vitamin ini sangat bagus untuk pertumuhan tulang dan gigi.

4. Protein

Protein

Protein merupakan asupan wajib bagi wanita hamil. Namun di usia 29 hingga 30 minggu, Bunda harus lebih selektif dalam memilih ikan atau protein. Karena beberapa populasi dari sumber protein sudah tidak lagi baik.

Protein hewani yang merupakan hasil dari binatang air kadang tidak baik karena proses penangkapannya yang kadang mengandung racun. Begitu juga dengan protein nabati yang kadang petani menggunakan racun untuk membasmi hama.

Oleh karena itu, Bunda harus lebih selektif dalam memilih protein.

5. Puding Race

Puding Race

Puding Race merupakan menu alternatif bagi yang sudah agak bosan dengan zat besi. Kebutuhan zat besi sebenarnya mudah diperoleh dari daging dan sayuran.

Namun terkadang Bunda sudah jenuh dengan makanan itu-itu saja maka sebaiknya mencoba cara baru yakni mengkonsumsi Puding Race. Puding race kaya akan zat besi dan mudah dibuat.

6. Asam Folat dan Pisang

Asam Folat

Menjelang penutupan trimester ketiga atau mendekati masa kelahiran Bunda harus lebih intens dan rajin dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat biasanya terdapat pada jeruk, anggur, kiwi, lemon, mangga da sebagainya.

Selain asal folat Bunda juga perlu mengkonsumsi pisang. Konsumsi pisang ini bisa dilakukan dengan beberapa menu. Banana Shake dan beberapa menu pisang lainnya bosa dijadikan solusi ketika kadang lidah membutuhkan nusansa menu baru ketika mendekati kehamilan.

Itulah sederet gizi dan nutrisi untuk masa kehamilan trimester ketiga. Masa-masa ini, baik ibu maupun suami, wajib siaga demi kelancara persalinan yang tidak terduga waktunya. Semoga, bayi yang dilahirkan sehat, ya!

0 Response to "Ini 6 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga"

Post a Comment