Ini 6 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ini 6 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Ketiga
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil

Memasuki usia kehamilan paling akhir yakni trimester ketiga, kamu tampak bahagia menunggu kehadiran sang buah hati untuk lahir di dunia. Tapi, kamu juga was-was kalau terjadi apa-apa. Solusinya, kamu wajib tahu detail tentang perkembangan janin ibu hamil di trimester ketiga.

Supaya apa? Supaya kamu bisa mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Supaya kamu tahu apa kebutuhan sang bayi dalam kandungan. Dan, supaya kamu bisa menjaga kesehatan dan merawat tubuh dengan sebaik-baiknya.

Kira-kira, apa saja yang bisa kamu ketahui seputar perkembangan janin ibu hamil di trimester ketiga? Kami sudah merangkumnya, dan berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Lubang Hidung Mulai Terbentuk

Hidung Bayi

Ketika memasuki trimester ketiga, pernasafan bayi mulai terbentuk. Usia kandungan bayi di minggu ke 25 lubang hidung bayi mulai terbentuk. Namun masih belum bisa bernafas dengan paru-paru. Karena pada usia ini paru-oparu belum terbentuk.

Namun Bayi juga sudah mulai belajar bernafas dengan menggunakan hidung. Untuk pergerakan bayi, di dalam rahim bayi mulai melakukan respon atas apa yang dilakukan orang tuanya.

2. Indera Mulai Berfungsi

Indera Bayi

Memasuki usia kandungan minggu ke 27, paru-paru bayi terus mengalami penyempurnaan. Begitu juga dengan sistem imun bayi yang mengalami pernyempurnaan.

Tidak hanya paru-paru dan imun, pada usia ini biasanya hampir seluruh indera bayi mulai berfungsi. Oleh karena itu bagi Ibu untuk menjaga perkataan karena bayi sudah mulai mendengar dan menerima informasi dari ibu.

3. Ukuran dan Berat Bayi Terus Meningkat

Ukuran Bayi Besar

Pada usia kandungan minggu ke 29 pekrembangan ukuran dan berat bayi berkembang pesat. Untuk ukuran, panjang bayi mencapai 40 cm. Sedangkan berat badan bayi bisa mencapai 1,1 kg.

Oleh karena itu, bagi ibu hamil hendaknya mengontrol perkembangan bayi. Jika kurang bisa menambah nutrisi untuk asupan ibu dan si kecil. Kamu bisa baca ulasan tentang gizi dan nutrisi ibu hamil di trimester ketiga, yang sudah kami rangkum dan kemas dengan jelas.

4. Perkembangan Otak Menuju Sempurna

Perkembangan Otak Bayi

Usia kandungan 31 dan 32 minggu menjadi puncak dari perkembangan otak. Bahkan pada usia kandungan ini, otak bayi semakin menuju sempurna. Oleh karena itu, bayi sudah bisa mengingat apa yang diperolehnya.

Sedangkan untuk organ, pada usia kandungan ini seluruh organ bayi sudah terbentuk. Kecuali paru-paru dan saluran pencernaan yang belum sempurna perkembangannya.

5. Kulit Tidak Lagi Berkerut

Kulit Bayi Tidak Berkerut Lagi

Perkembangan kulit bayi memuncak pada usia kandungan munggu ke 33 dan 34. Kulit bayi tidak lagi berkerut. Adapun berat badan bayi pada masa kandungan ini bisa mencapai 2 kg.

Hal itu dikarenakan kandungan lemak pada kulit bayi semakin menebal. Begitu juga dengan sistem kekebalan tubuh bayi yang terus membaik.

Melakukan kontrol adalah cara tepat bagi ibu cerdas untuk mengetahui perkembangan sang bayi.

6. Kepala Bayi Memasuki Jalan Lahir

Kepala Bayi Masuk ke Jalan Lahir

Menjelang waktu kelahiran, air ketuban mulai berkurang. Sedangkan kepala bayi hendaknya sudah memasuki jalan lahir. Biasanya pada usia kandungan ini sang ibu diminta untuk melakukan aktivitas yang mampu membuka jalan lahir seperti mengepel, jalan-jalan, dan sebagainya.

Hal ini dikarenakan beberapa kegiatan tersebut diharapkan mampu memperbaiki posisi bayi yang semakin mendekati liang lahir.

Nah, itulah sederet hal tentang perkembangan janin ibu hamil di trimester ketiga. Dengan informasi tadi, kamu bisa tahu “do and don’t” yang bakalan membantu merawat sang buah hati dalam kandungan. Semoga bermanfaat, ya!

0 Response to "Ini 6 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Ketiga"

Post a Comment