6 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Ketiga

6 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Ketiga
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan Tips dan Trik

Ibu hamil sering merasakan hal yang tidak enak? Ya, hampir semuanya begitu. Hal ini dinamakan dengan keluhan kehamilan, dan setiap ibu hamil pasti merasakannya. Nah, kali ini kita akan bahas tentang keluhan kehamilan yang biasa ibu hamil rasakan di trimester ketiga.

Trimester ketiga, membuat kita semua wajib waspada. Baik ibu maupun suami, wajib jaga-jaga dan mempersiapkan semuanya. Mulai dari menambah asupan gizi dan nutrisi, hingga menjaga psikologis pikiran supaya tetap stabil dan terkontrol dengan baik.

Nah, kira-kira, apa saja ya, keluhan kehamilan yang biasa ibu hamil rasakan di trimester ketiga? Langsung simak aja yuk!

1. Tubuh Mengalami Pembengkakan

Tubuh Ibu Hamil Membesar

Memasuki trimester ketiga adalah masa-masa Ibu akan menghadapi masa berat. Beragam keluhan terjadi pada masa ini. Salah satunya adalah pembengkakan pada bagian tubuh. Pembengkakan ini biasa terjadi pada Ibu hamil yang sudah memasuki bulan ke tujuh aatau minggu ke 25.

Perkembangan tanjang danberat badan bayi yang sangat siginifikan membuat tubuh Ibu mencoba beradap tasi. Namun yang sering terjadi tubuh Ibu justru membengkak.

Biasanya terjadi pada bagian kaki, betis, hingga paha. Jadi bagi ibu hamil yang mengalami pembengkakan janganlah khawatir karena hal itu adalah peristiwa wajar bagi wanita hamil.

2. Susah Tidur

Ibu Hamil Susah Tidur

Susah tidur merupakan keluhan yang sering melanda Ibu hamil. Tidak hanya pada trimester ini, namun susah tidur sering juga terjadi pada trimester sebelumnya.

Namun yang paling sering terjadi adalah pada trimester ketiga. Kondisi bayi yang kian membesar membuat bayi terus melakukan pergerakan agar menemukan posisi nyaman. Pergerakan bayi inilah kadang membuat Ibu susah tidur.

3. Sering Buang Air

Ibu Hamil Sering Buang Air Kecil

Sering buang air adalah hal yang juga terjadi di trimester ketiga. Ketika sering buang air, maka Ibu sebaiknya benar-benar mengontrol kondisi tubuh. Jangan sampai seringnya buang air mengakibatkan tubuh ibu menjadi kurang cairan dan dehidrasi.

Oleh karena itu, kendati mengalami sering buang air, Ibu hamil tetap harus perbanyak konsumsi air minum untuk menyeimbangkan air yang keluar dari tubuh.

4. Sesak Nafas

Ibu Hamil Sesak Nafas

Sesak nafas yang sering melanda Ibu hamil tua. Walaupun Ibu hamil tersebut tidak memiliki keturunan atau penyakit sesak nafas.

Sesak nafas yang menimpa Ibu hamil dikarenakan perkembangan bayi yang terus membesar dan bergerak di dalam perut kadang memberikan tekanan pada diagfragma.

Oleh karena itu, carilah posiis yang aman dan nyaman buat bayi agar bisa berada dalam rahim dan tidak memberikan tekanan pada diafragma.

5. Sakit Kaki dan Punggung

Ibu Hamil Sakit Punggung

Sakit pada kaki dan punggung termasuk diantara gangguan yang menerpa Ibu hamil tua. Perkembangan bayi yang sangat signifikas menyebabkan tubuh wanita hamil membawa beban yang sangat berat.

Beratnya beban perut Ibu hamil mengakibatkan sakit pada bagian kaki dan punggung Ibu hamil.

6. Mudah Lelah dan Emosi Labil

Ibu Hamil Emosi Labil

Memasuki pekan-pekan terakhir masa hamil Ibu akam semakin merasa mudah lelah dan emosi. Tak jarang Ibu akan marah tanpa alasan yang jelas. Mengkonsumsi kelapa muda dan minuman ion lainnya bisa menghilangkan rasalelah dan menstabilkan emosi wanita hamil.

Nah, itulah tadi sederet hal tentang keluhan kehamilan yang biasa ibu hamil rasakan di trimester ketiga. Semoga dengan informasi tadi, kamu bakal lebih mahir lagi dalam menjaga badan dan pikiran, ya!

0 Response to "6 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Ketiga"

Post a Comment