Inilah 6 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Kedua

Inilah 6 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Kedua
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil

Mengawasi setiap perkembangan janin ibu hamil, merupakan hal yang wajib dilakukan. Memeriksa kondisi kesehatan, baik ibu maupun bayi yang dikandungnya. Terlebih kalau sudah menginjak di trimester kedua, beberapa hal wajib diawasi dan dijaga.

Di trimester kedua ini, kondisi janin jauh lebih jelas dan kokoh dari sebelumnya. Susunan saraf otak, tulang dan gigi, semuanya berkembang lebih intens lagi. Karena itulah, ibu hamil wajib tahu supaya mengerti bagaimana cara menyikapinya.

Untuk menambah wawasan ibu, berikut kami hadirkan sederet perkembangan janin ibu hamil di trimester kedua. Langsung simak aja yuk!

1. Perkembangan Otak, Tulang dan Gigi

Perkembangan Otak Janin

Pada awal trimester kedua bayi akan mengalami perkembangan yang pesat untuk otak, tulang dan gigi. Tidak hanya itu pada minggu ke 14 malah akan terbentuk sidik jari si bayi.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya perbanyak konsumsi kalsium dan vitamin D pada awal perkembangan trimester kedua. Karena kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

2. Mulai Tumbuh Rambut

Rambut Bayi dalam Kandungan

Bayi usia kandungan minggu ke 15 akan menempati kantung ketuban. Selain itu perkembangan tulang leher bayi juga akan mulai berfungsi. Kepala bayi pun akan sepenuhnya bertumpu pada leher.

Untuk ukuran bayi, pada minggu ke 15 dan 16 minggu ini usia kehaimlan sudah memiliki panjang 10 cm hingga 13 cm dengan berat kurang lebih 3 ons dan mulai tumbuh rambut.

3. Telinga Bayi Terbentuk Sempurna

Telinga Bayi dalam Kandungan

Perkembangan panjang dan berat bayi semakin cepat pada usia kandungan minggu ke-17. Lemak pada lapisan bawah kulit juga mulai tumbuh. Sehingga bayi akan tetap hangat di dalam rahim ibu.

Seminggu berikutnya bentuk telinga bayi akan semakin sempurna. Dengan perkembangan ini maka ada baiknya bayi sudah mulai didengarkan suara-suara yang membantu perkembangan bayi. Seperti halnya musik, atau bacaan Al Quran.

4. Berat Bayi Semakin Bertambah

Berat Bayi Bertambah

Pada usia kandungan minggu ke-19 dan ke-20 berat dan panjang bayi berkembang sangat cepat. Berat bayi bisa mencapai 8 ons bahkan lebih.

Untuk itu pada usia kandungan ini ada baiknya melakukan kontrol ke dokter untuk mengetahui perkembangan berat badan bayi. Jika kurang maka Ibu tinggal menambah asupan makanan yang dapat menambah berat badan bayi.

5. Detak Jantung Makin Terasa

Detak Jantung Bayi dalam Kandungan

Usia kandungan minggu ke 21 dan 22 detak jantung bayi akan semakin kuat. Bayi juga akan mulai menyerap makanan dari cairan ketuban. Selain itu perkembangan panjang dan berat juga kian pesat.

Usia minggu ini berat badan bayi bisa mencapai 11 ons. Begitu juga dengan panjang bayi yang bisa mencapai 11 inch. Dengan perkembangan ini gerakan-gerakan yang dilakukan bayi akan semakin terasa oleh Ibu.

6. Fungsi Telinga Semakin Berkembang

Fungsi Telinga Bayi Berkembang

Telinga yang sudah terbentuk beberapa minggu sebelumnya semakin berfungsi dengan baik. Bayi tidak hanya disarankan untuk mendengarkan alunan irama yang lembut saja.

Namun menjelang akhir trimester kedua ini sebaiknya Ibu mulai menghindari suara-suara keas karena akan diterima oleh bayi.

Itulah tadi sederet ulasan tentang perkembangan janin ibu hamil di trimester kedua. Semoga, kondisi kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga dengan prima. Tetap semangat merawat tubuh, ya!

0 Response to "Inilah 6 Perkembangan Janin Ibu Hamil di Trimester Kedua"

Post a Comment