Ini 7 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Kedua

Ini 7 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Kedua
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Gizi dan Nutrisi

Kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil trimester kedua, meningkat dari trimester sebelumnya. Karena, pada minggu ke-13 sampai minggu ke-24, bayi sudah mulai bisa diajak berkomunikasi. Di mana, kebutuhan gizi dan nutrisi untuk menunjang kesehatan, makin tinggi.

Beberapa jenis makanan, bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan ini. Kamu bisa gunakan referensi yang bakalan kami sajikan nanti, untuk memberi gizi dan nutrisi yang seimbang. Ibu hamil senang dan kesehatannya terawat, bayi pun sehat dan tumbuh-kembangnya terjaga.

Kira-kira, apa saja gizi dan nutrisi untuk masa kehamilan trimester kedua? Yuk, mari kita simak sama-sama, sederet makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi berikut ini.

1. Daging dan Telur

Daging dan Telur

Pada usia kandungan 13 minggu atau awal trimester kedua, Ibu akan membutuhkan lebih banyak kalori. Bahkan diketahui, ibu membutuhkan minimal 340 kalori tambahan perhari.

Oleh karena itu dibutuhkan asupan yang banyak mengandung kalori seperti halnya daging dan telur. Memperbanyak konsumsi daging dan telur menjadi salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan kalori setiap hari.

2. Susu

Susu

Susu adalah salah satu menu yang memiliki kandungan gizi lengkap. Kalsium, protein, lemak dan beberapa kandungan lain sudah terdapat di susu.

Oleh karena itu, mengkonsumsi susu tetap menjadi hal yang harus dilakukan wanita hamil khsususnya pada masa kandungan 15 minggu.

3. Camilan Sehat

Camilan Sehat

Pada usia kandungan 16 minggu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi camilan sehat. Camilan sehat ini biasanya berupa buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi untuk ibu dan anak.

Adapun camilan sehat itu bisa berupa buah apel. Alpukat, pisang, dan beberapa buah lainnya. Sedangkan untuk cara mengkonsumsinya bisa dimakan buahnya langsung atau bisa juga juga dijadikan olahan seperti jus dan sebagainya.

4. Makanan Berserat

Makanan Berserat

Usia kandungan 17 minggu biasanya ibu akan mengalami sembelit. Oleh karena itu, salah satu nutrisi yang sangat baik bagi untuk dikonsumsi adalah makanan berserat.

Adapun makanan berserat tersebut diantaranya pepaya, pir, kacang polong, brokoli, wortel dan beberapa buah dan sayur yang kaya akan serat. Kandungan pada sayuran tidak hanya mampu mengatasi sembelit namun juga sangat baik untuk calon bayi.

5. Jus dan Air Mineral

Jus dan Mineral

Sejatinya mengkonsumsi air dan jus haruslah dikonsumsi sejak awal kehamilan. Namun pada usia kandungan 22 minggu konsumsi air mineral dan jus buah hendaknya ditambah.

Jus buah segar tidak hanya mengandung nutrisi yang sangak penting bagi kesehatan ibu dan bayi namun juga sangat baik untuk mencegah insomnia atau susah tidur. Kendala insomnia yang sering menyerang Ibu hamil bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi jus buah segar ini.

6. Keju

Keju

Keju merupakan camilan yang sangat baik untuk ibu hamil. Keju yang kaya akan vitamin, lemak dan mineral menjadi asupan yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Konsumsi keju ini sangat baik pada usia kandungan 23 minggu.

7. Buah Pisang

Pisang

Bukan rahasia bahwa pisang menjadi salah satu buah yang sangat baik bagi kesehatan. Untuk usia kandungan 24 minggu, mengkonsumsi pisang merupakan hal yang sangat baik. Buah pisang ini memiliki kandungan karbohidrat, vitamin B6, protein dan energi.

Dengan kandungan begitu bisa dipastikan buah ini sangat baik untuk ibu dan anak.

Itulah sederet makanan dan minuman untuk memenuhi gizi dan nutrisi masa kehamilan trimester pertama. Semoga kesehatan kamu tetap terjaga, dan sang bayi pun berkembang dengan baik, ya!

0 Response to "Ini 7 Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil di Trimester Kedua"

Post a Comment