5 Makanan Ini Sebabkan Kemandulan, Hati-hati Saat Mengkonsumsi

5 Makanan Ini Sebabkan Kemandulan, Hati-hati Saat Mengkonsumsi
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Gizi dan Nutrisi Hamil kebidanan Penyakit Tips dan Trik

Impian para pasangan muda, ialah ingin segera memiliki momongan. Tapi, beberapa kali berusaha, beberapa tahun terlewati, tetap saja belum diberi karunia. Mungkin, hal ini disebabkan oleh kemandulan. Hati-hati, makanan penyebab kemandulan pun sering kali tidak kita sadari.

Sebenarnya sah-sah saja mengkonsumsi kelima makanan berikut ini. Tapi, kita tidak boleh rakus dan memakan tanpa henti, harus cukup dan tidak boleh berlebihan. Kira-kira, makanan apa saja yang bisa menyebabkan kemandulan? Cek yuk, ulasannya seperti apa!

1. Keju

Makanan Keju Sebabkan Kemandulan

Perlu digarisbawahi, tidak semua keju berpotensi menyebabkan kemandulan. Lalu, keju yang seperti apa, yang bisa menyebabkan kemandulan? Ialah keju yang tidak diolah melalui fermentasi, yang bisa sebabkan baik suami maupun istri, mengalami penyakit mandul.

Ada apa dengan keju yang tidak di-fermentasi? Ada masalah, tentunya. Di dalamnya, terdapat bakteri listeria. Bakteri ini berpotensi sebabkan infeksi serius pada semua kalangan, baik bayi, remaja, dewasa, maupun manula. Bakteri ini, bisa menyebabkan penyakit mandul.

2. Daging dan Telur Mentah

Daging dan Telur Mentah Sebabkan Kemandulan

Buat kamu yang gemar mengkonsumsi daging dan telur mentah, agaknya patut waspada dan mulai sadar diri. Karena, kalau kamu konsumsi secara berlebihan, bisa sebabkan kemandulan. Meski punya manfaat, tapi juga bisa berpotensi sebabkan kemandulan karena kandungan bakteri di dalamnya.

Ialah bakteri salmonella, yang jadi penyebab utamanya. Bakteri ini hanya memiliki inang manusia, tidak ada yang lainnya. Itu artinya, mangsa bakteri ini adalah kita semua. Karena itulah, kita wajib jaga kesehatan dan imunitas tubuh, serta mencuci bersih semua makanan sebelum dikonsumsi.

3. Kafein

Kafein Sebabkan Kemandulan

Bukan hal tabu lagi, kalau kafein bisa sebabkan beragam penyakit saat kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Khusus untuk para pasangan muda, disarankan untuk mengurangi konfumsi kafein yang biasa terkandung dalam minuman kopi ini.

Boleh-boleh saja mengkonsumsi, tapi harus dalam kadar yang wajar. Konsumsi kafein yang wajar ialah maksimal 300 mili gram tiap harinya. Lebih dari itu, akan menyebabkan penyakit berbahaya seperti jantung, hingga menyebabkan kemandulan.

4. Gula

Gula Sebabkan Kemandulan

Jenis makanan yang wajib dikurangi selanjutnya, ialah gula. Sama seperti kafein dalam kopi, gula boleh dikonsumsi asal dalam takaran yang wajar. Maksimal 6 sendok teh, adalah takaran yang pas untuk menjaga tubuh dari efek negatif yang disebabkan oleh gula.

Selain gula dalam bentuk utuh, kamu juga patut mewaspadai makanan yang mengandung gula lainnya. Seperti misalkan kentang goreng, donat, dan bahkan nasi. Kandungan gula dalam ketiga makanan tadi bisa saja menyebabkan kemandulan.

5. Kedelai

Kedelai Sebabkan Kemandulan

Makanan terakhir adalah kedelai. Peringatan buat kamu yang suka mengkonsumsi susu kedelai, tahu, tempe, dan kacang kedelai. Kalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan tadi, bisa saja jadi penyebab kemandulan yang berpotensi.

Kenapa kedelai bisa menyebabkan kemandulan? Tidak lain dan tidak bukan, mengkonsumsi kedelai terlalu banyak bisa sebabkan pendarahan abnormal di rahim, endometriosis, dan polip. Ketiga sebab tadi, bisa menjadi besar dan kompleks, hingga menyebabkan penyakit mandul.

Nah, dari kelima makanan tadi, manakah yang paling sering kamu konsumsi? Semoga bisa cepat mengurangi, dan memilih makanan lain yang bergizi, ya!

0 Response to "5 Makanan Ini Sebabkan Kemandulan, Hati-hati Saat Mengkonsumsi"

Post a Comment