4 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Kedua

4 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Kedua
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan Tips dan Trik

Menginjak masa kehamilan trimester kedua, beberapa perubahan mulai terjadi. Perut jadi lebih besar, pergerakan bayi dalam kandungan mulai terasa, dan gangguan psikis juga mulai lebih gencar. Beberapa keluhan kehamilan yang biasa ibu hamil rasakan di trimester kedua, makin banyak.

Ibu hamil wajib tahu, supaya bisa mengambil tindakan kalau mengalami hal serupa. Karena ibu hamil cerdas adalah mereka yang bisa menyelesaikan masalahnya dengan mandiri. Nah, kira-kira apa saja keluhan ibu hamil yang dialami di trimester kedua? Cek yuk!

1. Punggung Terasa Sakit

Punggung Ibu Hamil Sakit

Ketika memasuki trimester kedua, ibu akan lebih sering mengalami sakit punggung. Hal ini biasa terjadi pada minggu ke-14 dan beberapa minggu setelahnya.

Hal ini dikarenakan karena berkembangan bayi semakin pesat. Khususnya berat badan dan panjang bayi yang terus bertambah menyebabkan perut ibu harus mengemban beban yang cukup berat.

Selain itu, adanya gerakan-gerakan bayi seperti menendang dan sebagainya juga merupakan salah satu alasan wanita hamil banyak mengalami keluhan punggung terasa sakit. Oleh karena itu, carilah posisi yang nyaman serta hindari perut dari benturan.

2. Mudah Lapar

Ibu Hamil Mudah Lapar

Mudah lapar adalah salah satu hal yang wajar terjadi di trimester kedua. Jika pada trimester pertama ibu akan mengalami perubahan selera makan, sebaliknya di trimester kedua nafsu makan menjadi bertambah.

Hal ini dikarenakan bayi membutuhkan banyak asupan dari ibu. Sehingga berpengaruh pada nafsu makan ibu hamil. Walaupun begitu, ibu hamil tidak boleh asal mengkonsumsi makanan.

Justru dengan bertambahnya nafsu makan tersebut, ibu hamil harus cerdas dalam memiliki makanan yang dikonsumsi. Komsumsilah makanan yang mengandung banyak kalsium, omega, dan beberapa kandungan penting untuk kesehatan bayi dan Ibu hamil.

Untuk referensi tambahan, silakan baca artikel kami tentang gizi dan nutrisi ibu hamil di trimester kedua.

3. Pusing dan Mual

Ibu Hamil Pusing dan Mual

Pusing dan mual adalah keluhan yang sering dialami ibu hamil di trimester kedua. Pada usia kandungan minggu ke-18, biasanya pusing dan mual kembali mendera. Namun bukan berarti perut mual dan pusing menjadi halangan ibu untuk beraktivitas dan berolahraga.

Sebaliknya, aktivitas ibu hamil tetaplah jalan dengan menjaga kondisi diri dan bayi. Jangan terlalu lelah, letih serta melakukan aktivitas yang menyebabkan rentannya masalah pada kehamilan.

Tidak kalah pentingnya, mual dan pusing hendaknya diatasi dengan selektif dalam mengkonsumsi makanan. Kamu bisa baca refernsinya, sama dengan saran di poin nomor 2 (dua) tadi.

4. Pegal di Punggung dan Pinggang

Pinggang Ibu Hamil Sakit

Perkembangan tubuh bayi yang pesat pada trimester kedua menyebabkan beban pada ibu semakin bertambah. Hal ini menjadi salah satu alasan ibu kerap mengalami pegal pada punggung dan pinggang.

Selain itu, pergerakan bayi juga yang semaijn agresif juga menjadi alasan ibu kerap mengalami pegal pada punggung dan pinggang. Nyeri dan sakit pinggang ini akan terus berlangsung bahkan hingga memasuki akhir trimester kedua.

Oleh karena itu, ibu hamil haruslah lebih sabar dalam menghadapi masa kehamilan. Beberapa keluhan seputar pegal, nyeri dan sakit kerap melanda di trimester kedua ini. Menjaga asupan gizi serta pergerakan asalah salah satu cara bijak ibu hamil melewati masa ini.

Nah, itulah tadi keempat keluhan yang biasa ibu hamil alami di trimester kedua. Sebenarnya, masih ada banyak keluhan lain yang bisa kita bahas. Tetapi, yang paling sering dialami adalah keempat keluhan tadi. Semoga dengan informasi ini, ibu jadi lebih optimal dalam merawat tubuh, ya!

0 Response to "4 Keluhan Kehamilan yang Biasa Ibu Hamil Rasakan di Trimester Kedua"

Post a Comment