4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Kedua

4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Kedua
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan Tips dan Trik

Masa-masa kehamilan di minggu ke-13 menjadi masa pertengahan yang melibatkan beberapa perubahan fisik. Ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan pada bagian kulit, beberapa organ tubuh, dan rambut. Perubahan ini adalah hal wajar yang semua ibu hamil pasti alami.

Nah, disamping beberapa perubahan tadi, kamu wajib memenuhi segala kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil trimester kedua. Supaya, badan tetap fit dan pikiran tetap fresh untuk kembali merawat tubuh dan sang buah hati yang dikandung.

Kira-kira, apa saja perubahan fisik yang biasa ibu hamil alami di trimester kedua? Cek yuk!

1. Perut Semakin Membesar

Perut Ibu Hamil

Hal yang paling sering terjadi dan nampak oleh pandangan mata adalah perubahan perut yang semakin membesar. Pada masa trimester kedua, perkembangan janin semakin mendekati sempurna.

Beberapa organ tubuh mulai terbentuk dan beberapa diantaranya sudah mulai berfungsi. Walau belum sempurna namun bisa masa tersebut adalah awal dari pembentukan dan perkembangan janin.

Dengan kondsi perkembangan perut inilah maka ibu hamil sangat diharapkan untuk tidak menggunakan pakaian yang ketat. Seperti halnya trimester sebelumnya, pakaian yang ketat dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin di dalam rahim.

2. Terlihat Semakin Gemuk

Ibu Hamil Terlihat Gemuk

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi ketika berada di usia kehamilan trimester kedua. Selain untuk dirinya sendiri, ibu hamil juga butuh nutrisi untuk si buah hati.

Oleh karena itu nafsu makan ibu hamil bertambah. Bertambahnya nafsu makan dan pola hidup yang berubah ini ternyata cukup berpengaruh pada kondisi tubuh ibu hamil.

Perlahan dan pasti ibu hamil biasanya akan semakin gemuk. Kegemukan ini terjadi di bagian pipi, lengan, paha, dan beberapa tempat lain. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa gemuk yang dialami ibu hamil khususnya untuk bagian gerak bawah adalah bentuk dari pembengkakan.

Karena kondisi tubuh yang membawa beban terlalu berat. Namun beberapa ahli lainnya menyebutkan hal tersebut adalah gemuk, karena tidak menimbulkan efek sakit seperti halnya bengkak pada biasanya.

3. Payudara Semakin Membesar

Payudara Ibu Hamil

Payudara ibu hamil akan nampak semakin membesar. Hal ini dikarenakan sejak hamil, produksi ASI mulai berfungsi dan siap untuk digunakan. Oleh karena itu biasanya ibu hamil yang sudah memasuki trimester kedua, payudaranya menjadi semakin kencang dan besar.

ASI yang sudah diproduksi kadang mulai menetes di akhir trimester kedua. Oleh karena itu, mulailah menjaga nutrisi yang baik agar kelenjar susu bisa bekerja dengan baik ketika si bayi sudah keluar.

Karena tidak menutup kemungkinan bayi yang lahir namun payudara ibunya masih belum keluar. Selain mulai rajin mengkonsumni makanan yang mengandung nutrisi, menjaga kebersihan payudara juga harus dilakukan oleh ibu hamil.

4. Wajah Lesu

Ibu Hamil Wajah Lesu

Ada beberapa ibu hamil yang wajahnya terlihat lesu, kendati kehamilan dapat menjadikan kulit halus namun kurangnya istirahat kadang menbuat wajah ibu menjadi lesu. Seperti yang diketahui, wanita yang hamil akan susah tidur.

Ditambah lagi bayi yang sudah mulai berkembang besar mulai belajar mencari posisi nyaman di dalam perut. Alhasil, si Ibu pun kesulitan untuk tidur. Sulit beristirahat inilah yang membuat aura wajah ibu kadang lesu.

Oleh karena itu, rutin olahraga, serta mengkonumsi makanan bergizi adalah salah satu cara menyeimbangkan zat besi dalam tubuh ibu hamil dan bayi.

Nah, dari sekian perubahan fisik tadi, manakah yang sudah kamu alami? Kalau sudah begitu, kamu jangan kaget, ya. Karena hal itu wajar dan pasti dialami oleh semua ibu hamil di luar sana.

0 Response to "4 Perubahan Fisik yang Biasa Ibu Hamil Alami di Trimester Kedua"

Post a Comment