Ini 5 Tips Hamil 5 Bulan yang Wajib Ibu Hamil Perhatikan

Ini 5 Tips Hamil 5 Bulan yang Wajib Ibu Hamil Perhatikan
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori :

Masa kehamilan 5 bulan merupakan masa yang paling nyaman. Ibu sudah melewati kerasnya merawat diri saat kehamilan trimester pertama dan kedua. Kini, saatnya ibu menatap ke trimester ketiga. Masa di mana kelahiran sang bayi akan ditunggu-tunggu dan dipersiapkan penuh.

Beberapa tips hamil 5 bulan juga wajib diterapkan. Supaya, ibu hamil sudah mampu mempersiapkan. Yakni persiapan-persiapan ibu hamil menjelang persalinan. Persiapan dinilai sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, supaya persalinan berjalan dengan lancar.

Nah, kira-kira apa saja ya, tips hamil 5 bulan yang bisa ibu terapkan? Tips-tips berikut ini, sangat mudah dijalani dan tidak memaksa ibu untuk melakukan ini dan itu. Penasaran? Langsung simak aja yuk, ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Memakai Lotion

Memakai Lotion Ibu Hamil

Di masa kehamilan lima bulan, akan terjadi beberapa perubahan. Termasuk di antaranya perubahan yang terjadi pada kulit ibu hamil. Kulit akan mengalami stretch mark dan bisa menimbulkan gatal-gatal di seluruh badan. Selain itu, kulit ibu akan menjadi tidak lembab alias kering.

Dengan begitu, di tiap harinya, ibu wajib mengoleskan body lotion di sekujur tubuh ibu. Supaya, tidak terjadi gatal-gatal yang berlebihan, yang justru akan berbahaya untuk kesehatan kulit ibu. Rekomendasinya, setiap habis mandi, langsung oleskan body lotion di segala sisi.

2. Istirahat Cukup

Istirahat Cukup Ibu Hamil

Masa kehamilan lima bulan juga menjadikan ibu lebih mudah lelah. Terutama pada bagian mata, ibu akan mengalami mata kering, sensitif, dan mudah lelah. Hal ini sudah umum terjadi, di masa kehamilan lima bulan berjalan. Karena itulah, salah satu solusinya adalah, dengan istirahat cukup.

Istirahat cukup untuk ibu hamil adalah sekitar 6-7 jam di istirahat malamnya. Sedangkan untuk siang hari, usahakan untuk cukup tidur selama 1-2 jam tiap harinya. Dengan begitu, kondisi badan ibu jadi tetap fit dan sehat, sehingga mata bisa tidak lagi sensitif dan kelembabannya terjaga dengan baik.

3. Komunikasi dengan Bayi

Komunikasi Ibu Hamil dan Bayi, Tips Hamil 5 Bulan

Perkembangan dan pertumbuhan bayi akan semakin tinggi, di masa kehamilan lima bulan ini. Ibu disarankan untuk segera mengambil tindakan, yakni dengan mengajaknya berkomunikasi. Komunikasi ini bisa meningkatkan hubungan batin antara ibu dengan sang jabang bayi.

Selain mengajaknya bicara, ibu juga bisa memperdengarkan musik di perutnya. Musik yang direkomendasikan adalah musik klasik. Musik klasik ini, bisa meningkatkan kecerdasan sang bayi di dalam kandungan. Canggih, kan?

4. Asupan Air

Asupan Air Mineral untuk Ibu Hamil

Selain istirahat yang cukup, ibu juga butuh asupan air yang cukup. Usahakan untuk meminum air mineral minimal 2 liter per hari. Mengingat, struktur tubuh manusia terdiri atas 95% air. Sehingga kalau ibu tidak minum air yang cukup, kondisi badan juga akan terpengaruh.

Kemudian yang tidak kalah pentingnya, hindari minuman kopi dan teh. Karena kedua bahan tadi, mengakibatkan tubuh ibu mudah dehidrasi. Solusinya, kalau ibu mudah bosan meminum air mineral, maka minumlah jus dan susu sebagai pelengkapnya.

5. Harus Lebih Siap

Persiapan Persalinan Ibu Hamil

Menuju ke kehamilan akhir, ibu harus lebih siap dari sebelumnya. Di masa-masa ini, ibu akan menghadapi persalinan yang akan menguras tenaga dan pikiran. Karena itu, ibu harus mempersiapkan setiap detail persiapan persalinan mulai dari sekarang.

Ibu bisa mencari-cari informasi lewat beberapa situs terpercaya. Atau, kalau masih ragu, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan, atau pergi ke klinik terdekat. Dengan begitu, ibu akan mengetahui informasi lebih banyak dan lengkap, sehingga sudah siap menyambut persalinan.

Itulah tips hamil 5 bulan yang sebaiknya ibu terapkan. Dengan tips-tips tadi, ibu bakal lebih siap dan percaya diri dalam menyambut masa persalinan nanti. Semoga, bayi ibu lahir dengan sehat dan selamat, ya!

0 Response to "Ini 5 Tips Hamil 5 Bulan yang Wajib Ibu Hamil Perhatikan"

Post a Comment