5 Tips Hamil Anak Kedua Agar Si Sulung Punya Saudara

5 Tips Hamil Anak Kedua Agar Si Sulung Punya Saudara
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori :

Memiliki anak pertama memang tiada tara rasa bahagianya. Setelah menunggu lama, akhirnya berhasil juga. Tetapi, tidak cukup sampai di situ, banyak keluarga yang ingin menghadirkan kembali anak kedua. Sederet tips hamil anak kedua pun, jadi perhatian utama para keluarga di luar sana.

Untuk bisa hamil anak kedua, ada beberapa langkah yang wajib diperhatikan. Seperti misalkan, ibu dan suami wajib memperhatikan jarak kelahiran antara anak pertama dan kedua. Karena, kondisi rahim dan kesehatan ibu adalah hal penting yang harus diprioritaskan.

Nah, lalu langkah-langkah apa lagi yang bisa dilakukan para ibu dan suami, agar bisa tips hamil anak kedua berhasil diterapkan? Cek yuk, ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Perhatikan Jarak Kehamilan

Jarak Kehamilan Ibu

Hal pertama yang wajib ibu perhatikan adalah jarak kehamilan. Jarak kehamilan ini sangat berpengaruh pada kesehatan ibu dan kondisi rahim. Seorang ibu baru boleh mengandung lagi, setelah menjalani masa-masa istirahat agar kondisi psikis, fisik, dan rahimnya kembali prima.

Jarak kehamilan yang direkomendasikan ialah antara 27 bulan hingga 32 bulan. Kurang dari itu, maka sangat disarankan untuk tidak lebih dulu mengandung. Apalagi, kalau ibu melakukan operasi caesar, hal ini ditakutkan kondisi perut tidak kuat dan mengakibatkan susunan kulit melemah.

2. Perhatikan Kemampuan Asuh

Kemampuan Mengasuh Anak

Kemampuan dalam mengasuh juga wajib diperhatikan oleh ibu dan suami. Mengingat telah lahir anak pertama, yang sudah mulai tumbuh dan berkembang. Kelincahan si kecil pun wajib diladeni dengan baik, demi kasih sayang yang bakal dirasakan olehnya.

Nah, karena itulah, ibu dan suami wajib memperhatikan kemampuan asuh. Kalau seandainya ibu hamil lagi, apakah keluarga termasuk suami, bisa merawat si kecil dengan baik? Atau, kalau tidak ada bantuan siapapun, bisakah ibu merawatnya sendiri? Ini yang harus diperhatikan betul-betul.

3. Perhatikan Masa Subur

Masa Subur Ibu Hamil

Masa subur juga jadi perhatian penting sebelum memutuskan untuk lahir anak kedua. Memasuki usia 35 ke atas, masa subur ibu biasanya akan berkurang. Karena itu, kalau ingin segera mendapat momongan anak kedua, maka sebaiknya dilakukan secepatnya sebelum menyentuh usia 35.

Kalau sudah lewat dari usia 35, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter atau klinik terdekat. Ibu dan suami juga perlu meningkatkan gaya hidup untuk memelihara masa subur. Ya, masa subur jadi sangat penting, mengingat hormon akan berkurang seiring bertambahnya usia.

4. Intensitas Hubungan


Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan agar ibu dapat melahirkan anak kedua, adalah dengan melakukan intensitas hubungan yang tepat. Tepat di sini bukan soal kuantitas, tapi juga kualitas. Kualitas hubungan yang baik, akan memungkinkan ibu bisa mengandung bayi lagi.

Intensitas hubungan akan lebih baik kalau ibu dan suami lakukan pada saat menginjak masa subur dan ovulasi. Di masa-masa ini, kemungkinan sperma membuahi sel telur dengan cepat bakal terjadi. Dengan begitu, segera diskusikan kapan harus berhubungan dengan intens.

5. Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat

Hal terakhir yang patut diperhatikan adalah menjaga pola hidup sehat. Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau pola hidup sehat menjadi bagian penting dalam menjaga kesuburan ibu dan suami. Pola hidup sehat juga akan membantu kondisi psikis ibu dan suami tetap terjaga dengan baik.

Mengingat, selain kondisi fisik yang prima, kondisi psikis juga berperan penting dalam sebuah hubungan. Pola hidup sehat yang bisa diterapkan antara lain dengan rutin berolahraga, rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi dan tidak berlebihan.

Itulah ulasan lengkap tentang tips hamil anak kedua yang bisa ibu terapkan bersama pendampingan suami. Semoga dengan informasi tadi, keinginan ibu dan suami untuk memiliki anak kedua bisa terwujud secepatnya.

0 Response to "5 Tips Hamil Anak Kedua Agar Si Sulung Punya Saudara"

Post a Comment