5 Tips Hamil Sehat Supaya Bayi Lahir dengan Selamat

5 Tips Hamil Sehat Supaya Bayi Lahir dengan Selamat
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori :

Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu oleh ibu dan suami. Sang ibu pun akan mengalami beberapa perubahan. Suami jadi lebih sayang dan perhatian, ibu jadi lebih dimanjakan, dan perubahan signifikan lainnya. Yang jelas, ibu wajib merawat diri supaya tetap sehat.

Merawat diri saja tidak cukup, ibu juga wajib memeriksakan kesehatan, memilih dan mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga yang cukup, atau bahkan meminum suplemen tambahan. Nah, sederet kewajiban tadi, termasuk dalam tips hamil sehat yang akan kita bahas kali ini.

Kira-kira, apa penjelasan dari masing-masing tips tadi? Langsung simak aja yuk, ulasannya berikut ini.

1. Rutin Periksa Kesehatan

Periksa Kesehatan Ibu Hamil

Memeriksakan kandungan pada dokter atau klinik terdekat, ialah cara pertama supaya ibu hamil sehat. Beberapa hal yang wajib diperiksa, ialah berat badan, tekanan darah, detak jantung, dan kesehatan janin. Dengan begitu, ibu bisa tahu bagaimana kondisi kesehatan ibu saat ini.

Selain memeriksakan beberapa hal tadi, ibu juga wajib menjaga pikiran dan hati. Setiap kali ada masalah tiba, jangan langsung meributkannya. Pikirkan dulu dengan tenang, hadapi dengan riang, serta hati yang bersih. Sehingga, pikiran ibu tetap bahagia dan terhindar dari stres.

2. Rajin Merawat Diri

Merawat Diri Ibu Hamil

Selain memeriksakan dan menjaga kondisi hati & pikiran, ibu juga wajib merawat diri. Perawatan diri ini dilakukan dengan memberi jangka waktu istirahat yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebih. Untuk istirahat malam, usahakan tidur cukup selama 6-7 jam. Di siang hari, tidur selama 1-2 jam.

Selain istirahat yang cukup, cobalah untuk mulai berkomunikasi dengan sang bayi. Bayi akan merespon dengan gerakan-gerakan kecil, yang akan semakin mendekatkan ibu dan sang bayi. Terakhir, selalu mandi 2 kali sehari, dan bersihkan beberapa anggota tubuh ibu.

3. Gizi dan Nutrisi Tercukupi

Gizi dan Nutrisi Ibu Hamil

Tidak kalah pentingnya, dan bahkan menjadi perhatian utama, yakni gizi dan nutrisi yang tercukupi. Ibu wajib memilih dan mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil. Sebaiknya, ibu memilih makanan yang matang, bersih, serta minim garam, lemak, dan gula.

Kalau masih belum jelas, ibu bisa menyimak beberapa artikel yang telah kami terbitkan. Mulai dari gizi dan nutrisi untuk ibu hamil di trimester pertama, trimester kedua, hingga trimester ketiga. Ibu bisa sesuaikan waktu dan kondisi yang pas untuk ibu saat ini.

4. Olahraga Mulai Dirutinkan

Olahraga Ibu Hamil

Olahraga menjadi hal penting lainnya yang wajib ibu lakukan dan rutinkan. Olahraga menjadi sangat penting karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Salah satu manfaat terbesarnya, yakni memperoleh asupan oksigen dengan cukup dan baik, serta meregangkan otot yang kaku.

Selain itu, ada beberapa hal yang wajib ibu perhatikan soal olahraga ini. Beberapa hal di antaranya selalu hindari olahraga yang menyebabkan rasa letih dan capek. Hindari pula olahraga yang memiliki ritme tinggi. Tidak kalah pentingnya, selalu minum air putih sebelum dan setelah olahraga ya, bun!

5. Konsumsi Suplemen Tambahan

Suplemen Ibu Hamil

Selain disarankan untuk memilih dan mengkonsumsi makanan bernutrisi, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi suplemen tambahan. Tapi, dengan catatan, suplemen harus berdasarkan anjuran dokter atau klinik yang ibu kunjungi, ya! Supaya tidak terjadi apa-apa nantinya.

Beberapa suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi adalah asam folat, suplemen penambah darah, serta suplemen kalsium, vitamin, dan lainnya. Suplemen-suplemen tadi, bisa menambah daya tahan tubuh ibu, dan membantu perkembangan serta pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Kelima tips ibu hamil sehat tadi, kalau diterapkan dengan benar dan konsisten, impian untuk memiliki momongan yang sehat dan cerdas pun akan terwujud. Semoga dengan informasi tadi, ibu bisa semakin menjaga diri, merawat diri, dan tetap menjadi ibu hamil yang cerdas, ya!

0 Response to "5 Tips Hamil Sehat Supaya Bayi Lahir dengan Selamat"

Post a Comment