5 Tips Buat Ibu Hamil Muda Supaya Bayi Tetap Sehat

5 Tips Buat Ibu Hamil Muda Supaya Bayi Tetap Sehat
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori :

Saat-saat yang berbahagia sudah terlewatkan, di mana beberapa hari atau minggu yang lalu, ibu sudah divonis hamil oleh dokter atau tes kehamilan. Karena itu, disaat ibu hamil muda, kini ibu mulai menjaga diri baik jasmani maupun rohani. Demi kelancaran proses persalinan nanti.

Dalam masa-masa kehamilan, ibu hamil muda termasuk di masa kehamilan trimester pertama. Di masa-masa ini, ibu wajib menjaga asupan nutrisi, rutin melakukan gerakan yang merangsang pertumbuhan, hingga mulai mengurangi rutinitas hubungan intim bersama suami.

Nah, selain hal-hal singkat tadi, apa saja tips ibu hamil muda yang wajib diterapkan supaya bayi tetap sehat? Langsung simak aja yuk, ulasannya berikut ini.

1. Kurangi Rutinitas Hubungan Intim

Mengurangi Rutinitas Hubungan Intim

Langkah pertama yang wajib dilakukan ialah dengan mengurangi rutinitas bercinta. Karena, janin pada masa-masa awal kehamilan masih belum terbentuk sempurna. Kalau dilakukan hubungan yang terus menerus, ditakutkan kondisi janin dalam rahim akan terganggu pertumbuhannya.

Karena itulah, ibu wajib mengalihkan perhatian supaya libido tetap rendah. Dengan cara melakukan rutinitas baru, sering-sering berkumpul dengan anggota keluarga lainnya, dan hal-hal lain yang bisa meminimalkan libido ibu. Supaya, hubungan bisa dikontrol setelah janin terbentuk sempurna.

2. Selalu Merasa Bahagia dan Berpikir Positif

Selalu Bahagia dan Berpikir Positif

Satu hal penting yang wajib dilakukan dan dipelihara semasa kehamilan, ialah selalu merasa bahagia dan terus berpikir positif (positive thinking). Dengan begitu, ibu tidak akan merasa stres lagi, tidak akan merasa gundah lagi, serta selalu merasa tenang, aman, dan tenteram.

Kondisi bahagia, pikiran positif, tidak banyak pikiran yang berat-berat, akan mengurangi beban ibu sebagai ibu hamil. Karenanya, segala aktivitas yang harus dilakukan di masa kehamilan, bisa berjalan dengan lancar tanpa terganggu kondisi psikis yang kurang baik.

3. Gizi dan Nutrisi Harus Dijaga

Gizi dan Nutrisi untuk Ibu Hamil Muda

Tidak kalah pentingnya, adalah dengan menjaga gizi serta nutrisi ibu hamil. Beberapa makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi, sebaiknya dicatat dan mulai direncanakan. Ibu bisa meminta bantuan anggota keluarga lainnya, atau suami untuk merencanakan semua itu.

Di masa-masa kehamilan awal, sebaiknya ibu mengkonsumsi brokoli, ikan, alpukat, kelapa muda, dan sayuran alternatif seperti wortel, kol, dan tomat. Kalau ingin tahu alasannya kenapa, silakan simak artikel kami tempo hari yang berjudul “Gizi dan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama”.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup

Pikiran, badan, serta janin wajib dijaga sepenuh hati. Istirahat yang cukup, ialah salah satu langkah yang cukup efektif. Dengan istirahat yang cukup, kondisi kesehatan ibu dan janin akan tetap prima. Sehingga, ibu bisa melancarkan aktivitas lain untuk menunjang pertumbuhan janin.

Hindari begadang atau tidur terlalu singkat. Usahakan untuk tidak memakai alarm, supaya otak bisa istirahat tanpa harus diberi peringatan untuk “bangun”. Karena, otak akan secara sadar dan bangun, setelah masa istirahatnya telah selesai. Sekali lagi, hindari memakai alarm, ya!

5. Rutin Berolahraga Ringan

Rutin Berolahraga Ringan

Olahraga ringan juga tidak kalah pentingnya untuk dilakukan. Olahraga ini akan membantu ibu mendapatkan kualitas oksigen dengan baik. Mengingat, otak kita sangat butuh oksigen yang cukup. Kalau oksigen yang didapat kurang baik atau kurang cukup, otak tidak akan bekerja optimal.

Nah, olahraga ringan bisa membantu ibu untuk mendapatkan kualitas oksigen yang baik dan cukup. Contoh olahraga yang bisa ibu lakukan adalah senam perut, senam yoga, senam kegel, atau olahraga ringan lainnya. Dengan begitu, otak tetap prima dan kondisi psikis ibu pun terjaga.

Nah, itulah sederet tips ibu hamil muda supaya kondisi bayi tetap sehat, dan ibu pun tetap bisa melakukan aktivitas sebagai ibu rumah tangga pada biasanya. Semoga dengan informasi tadi, beberapa hal yang wajib dilakukan bisa membantu proses persalinan nanti, ya!

0 Response to "5 Tips Buat Ibu Hamil Muda Supaya Bayi Tetap Sehat"

Post a Comment