6 Tips Hamil Setelah Kuret atau Keguguran dengan Aman

6 Tips Hamil Setelah Kuret atau Keguguran dengan Aman
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori :

Keguguran merupakan hal yang sangat memukul perasaan ibu, suami, dan seluruh keluarga. Setelah berusaha untuk bisa hamil, ternyata kehendak Tuhan berkata lain. Janin yang dikandung ternyata telah divonis gugur oleh dokter, yang membuat ibu tidak jadi mengandung bayi.

Karena itulah, ibu wajib melakukan beberapa perubahan. Baik dari psikis maupun fisik, keduanya menjadi hal penting yang harus diubah perlahan. Ada beberapa tips hamil setelah kuret atau keguguran, yang bisa ibu terapkan. Nah, kali ini kita akan membahasnya.

Kira-kira, tips hamil setelah kuret yang mana, yang bisa mengoptimalkan kemungkinan ibu bisa hamil kembali? Langsung simak aja yuk!

1. Rehat Sejenak

Rehat Sejenak Untuk Ibu Hamil

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah dengan melakukan rehat sejenak. Rehat ini dilakukan agar kondisi fisik dan psikis ibu dapat pulih dengan baik. Mengingat, perasaan yang campur aduk antara sedih dan kecewa, menyelimuti ibu dan keluarga saat mengetahui bahwa ibu mengalami keguguran. Dengan begitu, ibu wajib rehat sejenak demi mengembalikan kesehatan.

2. Memastikan Kondisi Rahim

Kondisi Rahim Ibu Hamil

Kemudian, setelah rehat dirasa cukup, ibu bisa memulai memastikan kondisi rahim ibu saat ini. Memastikan kondisi rahim dengan cara pergi ke dokter atau klinik terdekat, dan memeriksakan rahim ibu. Apakah rahimnya sudah siap untuk dibuahi kembali, atau masih perlu istirahat beberapa waktu lagi. Yang jelas, ibu wajib memeriksakan rahim dulu, ya.

3. Rutin Bercinta

Rutin Bercinta Suami Istri

Setelah kondisi rahim dibilang cukup prima, selanjutnya ibu dan suami harus mulai rutin bercinta. Waktu bercinta yang paling optimal adalah saat ibu sedang mengalami masa-masa subur alias masa ovulasi. Di masa itu, ibu wajib melakukan hubungan yang rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Dengan begitu, peluang dibuahinya sel telur akan semakin besar.

4. Menjaga Nutrisi

Menjaga Nutrisi Ibu Hamil

Selain hubungan yang rutin, nutrisi juga wajib dijaga dengan optimal. Memilih dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, adalah senjata utamanya. Nutrisi yang dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, karena mengandung antioksidan. Ikan dan daging merah juga bisa menjadi opsi, karena mengandung omega 3 dan protein tinggi.

5. Kurangi Konsumsi Zat Berbahaya

Zat Berbahaya

Kebiasaan buruk kebanyakan ibu muda adalah rutin mengkonsumsi kopi. Kopi di sini tentu tidaklah baik untuk kesehatan ibu hamil, karena mengandung kafein. Selain kopi, juga dilarang minum alkohol. Yang tidak kalah pentingnya, ibu wajib menghindari asap rokok. Karena itu, bilang kepada suami ibu yang perokok untuk mengurangi aktivitas buruk tersebut.

6. Menambah Suplemen

Suplemen Asam Folat

Tidak kalah pentingnya, adalah dengan menambah suplemen untuk ibu hamil. Salah satu suplemen yang dianjurkan untuk ibu hamil yang pernah mengalami keguguran adalah, suplemen asam folat. Suplemen ini mengandung zat yang mampu mencegah cacat janin. Sehingga, kemungkinan janin tumbuh sehat akan semakin tinggi, dan bayi pun akan terjaga hingga persalinan nanti.

Nah, itulah tadi sederet ulasan tentang tips hamil setelah kuret, yang bisa ibu terapkan mulai dari sekarang. Semoga dengan tips dan perlakuan tadi, ibu bisa mengandung bayi lagi. Dan, semoga bisa lancar hingga ke proses persalinan, ya!

0 Response to "6 Tips Hamil Setelah Kuret atau Keguguran dengan Aman"

Post a Comment