CIRI-CIRI MASA SUBUR PADA WANITA DAN CARA MENGETAHUINYA

CIRI-CIRI MASA SUBUR PADA WANITA DAN CARA MENGETAHUINYA
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan Tips dan Trik

Ciri-ciri Masa Subur Wanita

Masa subur menjadi waktu yang sangat penting diketahui oleh pasangan suami istri. Sebagai seorang wanita, Anda juga harus mengetahui waktu masa subur dan ciri-ciri masa subur Anda. Kenapa demikian? Ya, ada banyak keuntungan yang didapat dengan mengetahui masa subur, diantaranya Anda dapat memperkirakan waktu berhubungan yang tepat agar cepat hamil. Sebaliknya, Anda juga dapat mengatur jadwal berhubungan untuk menunda kehamilan. Berikut ciri ciri masa subur wanita dan cara mengetahui masa subur pada wanita:
cara+mengetahui+masa+subur+wanita
Cara Mengetahui masa Subur Wanita

Siklus menstruasi.

Masa subur kebanyakan dihitung berdasarkan siklus menstruasi. Panjang siklus menstruasi secara normal antara 21 sampai 35 hari. Masa subur wanita setelah menstruasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu puncak masa subur dan masa subur biasa. Di mana puncak masa subur biasanya akan terjadi pada 13 hari setelah seorang wanita mengalami haid hari pertama. Sedangkan masa subur biasa akan terjadi kurang lebih tiga hari setelah atau sebelum menuju puncak masa subur tersebut. Rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya.

Elastisitas Lendir

Lendir yang keluar dari mulut rahim dapat menjadi indikator masa subur. Lendir dapat terjadi mulai dari yang kental, basah, hingga yang kental, semi-transparan. Perubahan lendir ini menunjukkan perubahan kadar hormon estrogen pada tubuh, yang juga menjadi pertanda apakah ovulasi segera terjadi. Anda disebut berada pada masa sangat subur ketika cairan ini berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah. Cairan inilah yang akan memperlancar dan melindungi jalannya sperma menuju tuba falopi untuk bertemu sel telur.

Caranya, raba vagina dengan ujung telunjuk dan ibu jari (pastikan jari-jemari bersih untuk mencegah terjadinya infeksi). Lalu ambil lendir yang ada di sana. Pada saat subur, dari vagina akan keluar cairan bening seperti putih telur sehingga terkesan basah. Cek elastisitas lendir dengan menjauhkan telunjuk dari ibu jari. Jika lendir tidak putus atau elastis, berarti saat itu sedang terjadi masa subur. Volume lendir yang lebih banyak dan kekentalannya yang berbeda sebetulnya dapat juga dirasakan. Singkat kata, pada masa subur vagina biasanya terasa lebih basah.

Peningkatan Suhu Basal Tubuh

Peningkatan suhu basal menunjukkan adanya ovulasi. Suhu basal tubuh yaitu suhu tubuh dalam kondisi istirahat penuh. Suhu normal adalah 35,5 – 36.6 derajat celcius. Namun jika suhu tubuh Anda naik sedikit lebih tinggi dari angka tersebut, ini dapat berarti Anda telah mengalami ovulasi dalam 1 – 2 hari terakhir. Peningkatan suhu ini menetap selama 3 hari. Peningkatannya berkisar di angka 0,2 - 0,5° Celcius. Peningkatan suhu tubuh terjadi karena produksi hormon progesteron yang muncul segera setelah ovulasi.

Cara mengukur suhu basal tubuh:

  • Suhu diukur segera setelah bangun tidur, tepatnya sebelum melakukan aktivitas lainnya
  • Letakkan ujung perak termometer di bawah lidah dengan bibir tertutup selama lebih kurang 5 menit. Jangan bangun dari tempat tidur hingga selesai pengukuran.
  • Termometer sebaiknya dibersihkan dengan kapas dan air dingin.
  • Grafik baru dimulai pada hari pertama menstruasi. Jika menstruasi mulai pada siang hari, hasil pengukuran pada pagi harinya dipindahkan pada grafik yang baru.

Perut Bagian Bawah Nyeri Ringan

Rasa nyeri ringan di perut bagian bawah sebenarnya dapat menjadi salah satu tanda untuk membantu mendeteksi masa paling subur. Biasanya saat sedang menstruasi, perut bagian bawah akan terasa nyeri dan tidak nyaman. Nah, sebelum menstruasi terkadang Anda akan merasakan hal yang sama. Di sinilah Anda sebenarnya sedang mengalami masa subur. Aktivitas sel telur meningkat sehingga seringkali menyebabkan nyeri atau perut bagian bawah seperti ditarik.

Perasaan lebih bergairah

Sebagian wanita merasakan lebih bergairah, lebih bersemangat, dan lebih mudah bersosialisasi pada saat mengalami masa subur.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Perkiraan masa subur dapat dihitung dengan rumus berikut:
Anda yang memiliki siklus haid teratur, pada umumnya masa subur berlangsung kurang lebih pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki siklus haid tidak teratur, silakan Anda catat panjangnya siklus haid selama 6 bulan terakhir. Kemudian tentukanmana siklus haid terpanjang dan terpendek.Misal siklus terpendek Anda 27 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 9. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 30 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 19. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur. Dengan demikian jika siklus Anda rata-rata adalah 27 – 30 hari, maka Anda akan paling subur pada hari ke-9 hingga 19.


Demikian artikel singkat tentang ciri-ciri masa subur. Silakan Anda coba menerapkan polahidup sehat dan mengonsumsi makanan yang dapat menyuburkan kandungan agar cepat hamil. Semoga bermanfaat.

0 Response to "CIRI-CIRI MASA SUBUR PADA WANITA DAN CARA MENGETAHUINYA"

Post a Comment