CIRI-CIRI AWAL KEHAMILAN SECARA FISIK

CIRI-CIRI AWAL KEHAMILAN SECARA FISIK
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Hamil kebidanan

Kehamilan menjadi dambaan pasangan suami istri.Apalagi ketika awal menikah tentu Anda berharap segera hamil.Sebelum hamil, Anda harus mengetahui tanda-tanda awal kehamilan siapa tahu saat ini Anda mengalami masa kehamilan.Ciri-ciri fisik awal kehamilan terkadang muncul bersamaan atau hanya salah satunya. Berikut ciri-ciri fisik awal kehamilan yang biasa muncul:

Tanda-tanda Awal Kehamilan 

ciri-ciri-awal-kehamilan
Ciri-Ciri Awal Kehamilan

Terlambat Menstruasi

Terlambat menstruasi memang bukan berarti hamil, menstruasi terlambat mungkin juga disebabkan oleh berbagai hal seperti kelelahan, efek mengkonsumsi pil KB, stres, atau lain sebaginya.Namun secara umum saat awal kehamilan ditandainya dengan berhentinya menstruasi. Terlambatnya menstruasi pada wanita disebabkan oleh sel telur yang sudah dibuahi tidak akan dikeluarkan oleh tubuh dan juga ovarium tidak akan memproduksi sel telur baru selama masa kehamilan. Jika Anda tidak menstruasi sesudah berhubungan intim, segera cek dengan test pack atau mendatangi dokter kandungan atau bidan.

Munculnya Flek atau Sedikit Pendarahan

Pada umumnya, awal-awal hamil muda akan terjadi flek atau sedikit pendarahan. Flek ini diakibatkan oleh embrio yang berhasil sampai pada rahim akan melekatkan diri pada dinding rahim. Saat embrio melekat akan memunculkan efek berupa pendarahan atau flek yang terkadang diiringi dengan kram perut. Namun flek ini tidak sama saat wanita menstruasi. Pendarahan ini jauh lebih sedikit, lebih singkat dan jauh lebih ringan.

Kram Perut

Ciri dan tanda awal kehamilan adalah terjadinya kram perut. Kram perut bisa menjadi tanda awal kehamilan karena diakibatkan oleh proses implantasi janin ke dinding rahim yang sedang berlangsung.

Perubahan pada Payudara

Perubahan payudara akan muncul saat pembuahan berhasil. Bentuk payudara umumnya akan membesar, lebih lunak, serta lebih sensitif. Biasanya payudara akan terasa ngilu atau sakit ketika disentuh, warna kulit daerah sekitar puting (aerola) akan berwarna terlihat lebih gelap dan semakin jelas batasannya. Selain menjadi lebih sensitif, terkadang wanita yang sedang hamil muda juga akan merasakan nyeri pada payudaranya. Perubahan payudara lainnya yang juga merupakan tanda awal kehamilan adalah bahwa payudara akan terasa lebih empuk dan lembut ketika diraba. Pada beberapa kasus, akan muncul pula rasa gatal pada bagian sekitar payudara anda.

Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Secara umum ciri-ciri awal kehamilan usia 1 minggu adalah mual dan muntah atau sring disebut morning sicknessDisebut morning sickness karena biasanya rasa mual dan ingin muntah ini terjadi saat pagi hari. Namun tidak menutup kemungkinan morning sickness ini juga terjadi pada siang dan malam hari. Mual dan muntah terjadi karena peningkatan produksi hormon hCG.
Mual dan muntah memang mirip dengan gejala masuk angin sehingga perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.Namun gejala ini tidak selalu dialami oleh setiap wanita hamil.

Peningkatan asam lambung

Adanya peningkatan hormon progesteron menyebabkan peningkatan asam lambung, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.Masalah ini terjadi terutama pada malam hari ketika berbaring di tempat tidur.Mulas, gangguan pencernaan dan asam lambung bisa terjadi pada trimester pertama, tetapi biasanya menjadi lebih sering pada trimester ketiga ketika ukuran bayi juga mendorong perut anda.Jika belakangan ini anda sering mengalami gejalan perut kembung tidak ada salahnya memeriksakan diri sebelum anda meminum obat.Ingat bahwa beberapa obat tidak bersahabat dengan kesehatan janin.

Mudah Lelah

Mudah lelah menjadi salah satu ciri awal kehamilan.Mudah merasa lelah terjadi karena peningkatan produksi hormon progesterone di dalam tubuh.Hormon ini sangat penting untuk kehamilan dan pertumbuhan janin, namun memiliki efek memperlambat metabolisme pada tubuh.Meskipun masalah mudah lelah ini bisa menjadi salah satu tanda kehamilan, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa ini disebabkan oleh faktor lain, misalnya akibat tekanan darah rendah.Oleh karena itu, bagi anda yang merasa mudah lelah disarankan untuk memeriksakan diri kedokter untuk mengetahui kondisi anda dengan jelas.

Sering Buang Air Kecil

Saat anda mulai hami, kandung kemih mendapat tekanan dari rahim.Pada wanita yang hamil muda akan mengalami pembesaran rahim yang terjadi karena janin dalam kandungan membutuhkan ruang lebih untuk berkembang. Terjadinya pembesaran rahim ini akan mengakibatkan kandung kemih tertekan sehingga sering buang air kecil. Jika frekuensi buang air kecil anda tidak seperti biasanya dan lebih sering, maka bisa jadi itu adalah pertanda kehamilan yang sedang anda alami.

Kurang Nafsu Makan

Pada awal kehamilan, biasanya Anda akan merasakan kurang nafsu makan. Rasa mual yang terjadi pada awal kehamilan adalah alasan utama turunnya nafsu makan.Selain itu perubahan hormon dalam tubuh pada awal kehamilan juga menyebabkan hal ini.Kurangnya nafsu makan ini adalah hal yang normal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Keinginan terhadap makanan tertentu atau Ngidam

Seringkalai ciri-ciri awal kehamilan berupa ngidam atau ingin makan sesuatu yang tidak biasa.Perasaan ingin terhadap makanan ini sangat kuat sehingga terkadang suami harus mengalah untuk secepatnya memuaskan hasrat ngidam istri.

Penciuman Lebih Tajam

Tanda tanda wanita akan hamil selanjutnya adalah wanita menjadi lebih sensitif penciumannya. Terkadang bau-bau yang terlalu menyengat akan membuat wanita merasa mual dan bahkan sampai muntah. Gejala penciuman yang lebih sensitif ini kemungkinan juga terjadi karena kadar hormon yang meningkat. Ketajaman penciuman inilah yang terkadang membuat anda merasa mual dan ingin muntah saat tiba-tiba mencium bau yang kurang enak.

Kenaikan suhu tubuh

Ciri-ciri awal kehamilan lainnya adalah naiknya suhu tubuh dari suhu basal anda.Suhu basal adalah suhu ketika anda baru bangun dari tidur di pagi hari. Kenaikan ini akan terus berlansung selama anda mengandung. Oleh sebab itu, wanita hamil memiliki suhu badan yang lebih hangat dibanding dalam keadaan normal.

Perubahan Mood

Ciri-ciri awal kehamilan lainnya adalah adanya perubahan mood secara cepat.Wanita hamil memiliki mood yang mudah berubah sehingga bias saja cepat senag atau sedih secara tiba-tiba. Tidak perlu mengkhawatirkan perubahaan mood ini karena normal.Mood berubah karena terjadinya perubahan hormon secara drastis di tubuh Anda.Kalau Anda belakangan merasakan hal tersebut, itu terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.


Demikian ciri-ciri awal kehamilan, agar lebih akurat untuk mengetahui kehamilan Anda silakan periksa ke dokter kandungan atau bidan.Semoga dapat bermanfaat. Silakan kunjungi artikel kehamilan lainnya.

0 Response to "CIRI-CIRI AWAL KEHAMILAN SECARA FISIK"

Post a Comment